Pendapat Pakar Soal PR MTK yang Bikin Heboh FB

Jejaring sosial Twitter dan Facebook belakangan ini sedang dihebohkan dengan pemberitaan tentang PR matematika murid SD tentang soal perkalian.

Hal ini bermula dari seorang kakak yang bernama Muhammad Erfas Maulana tidak percaya dengan nilai PR matematika yang diperoleh adiknya begitu kecil, padahal dia sendiri yang mengajarkan adiknya itu soal perkalian. Terkait soal perkalian yang dikerjakan oleh Erfas dan sang adik, berikut ini pendapat para pakar mengenai soal matematika yang diberikan oleh sang guru yang dikutip dari merdeka.com (Rabu, 24/9/2014).

1. Dosen ITB, Prof. Dr. Iwan Pranoto

Seorang dosen Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB, Prof. Dr. Iwan Pranoto mengemukakan pendapatnya terkait soal matematika yang heboh di jejaring sosial. Melalui akun Twitter-nya @iwanpranoto berkicau, “”Di Matematika, guru bukan sumber kebenaran.”

Guru bukanlah sumber kebenaran yang ada hanya kesahihan. Matematika bisa diterma jika penalarannya sahih walaupun kesimpulan yang di dapat aneh. Menurut Iwan, sang gurulah yang harusnya disalahkan.

2. Guru Besar UNJ, Profesor Arief Rachman

Menurut Profesor Arief Rachman, proses mendapatkan suatu hasil adalah yang terpenting. Walaupun prosesnya beda tapi hasilnya sama tapi tidak ada yang bisa disalahkan. Kebenaran ilmu bisa diuji melalui diskusi. Dalam hal ini tentu yang disalahkan adalah sang guru.

3. Profesor Hendra

Menurut Profesor Hendra, guru harus memilihkan soal yang konkret untuk muridnya, jangan terpaku pada cara yang kaku. Soal yang konkret tersebut bisa melalui praktik dengan mencontohkan yang ada kaitannya dengan soal matematika tersebut.

Mengajarkan perkalian bisa melalui permainan seperti hitung lantai, hitung balok, dan sebagainya. Namun dalam hal ini,sang profesor menjelaskan tak semua operasi perkalian bisa dibolak-balik. Seperti 4×2 tidak sama dengan 2×4, harus lebih berhati-hati lagi dalam pengerjaannya.(dea)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...