Jika umumnya kawasan wisata menghadirkan pemandangan indah dan cantik, maka lain halnya dengan tempat bernama Danau Maracaibo. Di sini, pengunjung akan diperlihatkan oleh tampilan kilat yang menyambar dari langit Venezuela.

Biasanya, pemandangan kilat menyambar terjadi pada malam hari selama 7-10 jam. Danau Maracaibo sudah ditetapkan sebagai kawasan dengan petir terbanyak di bumi oleh Guinness World Records pada Januari 2014. Setidaknya, ada 1,6 juta petir terlihat di atas langitnya selama satu tahun.

Fenomena ini disebut sebagai badai petir. Para peneliti menyatakan kejadian ini dikarenakan pertemuan angin yang hangat dari lautan Karibia dan angin yang berhawa dingin dari Pegunungan Andes.

Inilah yang membuat warga yang tinggal di Danau Maracaibo ketakutan apabila petir tersebut menyambarkan kilatnya. Tak sedikit masyarakat setempat yang menganggap kejadian ini adalah bencana ataupun musibah. Menurut warga, petir-petir yang menghiasi langit adalah pertemuan kunang-kunang dan roh leluhur yang seolah mengawasi mereka.

Meski tergolong mengerikan, pemandangan petir menyambar ini justru menjadi perhatian bagi wisatawan. Bahkan, ada pula turis yang mengabadikan peristiwa itu dengan perangkat canggihnya seperti ponsel atau kamera. Jika Anda singgah di sana, terlihatlah petir yang ada di Danau Maracaibo dari jarak 10 km jauhnya.

Jangan khawatir, petir itu tak akan menyambar ke bumi. Hingga saat ini, belum ada catatan tentang masyarakat di sana yang terluka atau tewas tersambar petir. Bukan hal sulit jika ingin pergi ke Danau Maracaibo, Anda hanya datang ke tur operator bernama Catatumbo Camp. Selanjutnya, Anda bisa memilih paket wisata melihat petir.

Mereka punya pilihan titik terbaik untuk melihat kilatan petir, baik di rumah panggung para masyarakat setempat atau di tepian Danau Maracaibo sendiri. Nah, bagaiaman JBers? Beranikah Anda datang ke sini? (nha)