Tradisi gembok cinta terkenal di beberapa negara seperti Perancis dan Korea Selatan. Gembok cinta merupakan daya tarik untuk para wisatawan yang berpasangan untuk “menyematkan” tanda cinta agar abadi selamanya.

Umumnya tradisi ini adalah dengan memasang gembok yang sudah bertuliskan nama dari pasangan kemudian menggantungnya di spot yang telah ditentukan, setelah gembok digantungkan maka kunci dari gembok itu pun dibuang atau disembunyikn dengan tujuan agar gembok tersebut tidak pernah terbuka selamanya, di Perancis gembok cinta biasa digantungkan di jembatan di atas Sungai Seine, jika di Korea Selatan Anda bisa menyematkan gembok cinta Anad di Namsan Tower.

Tapi tak hanya kedua negara itu saja lho yang punya tradisi gembok cinta, di dalam negeri pun ada spot yang khusus dibuat untuk menggantungkan gembok cinta Anda dan pasangan, tempatnya berada di Bandung yakni berada di Taman Balai Kota, Bandung.

Dikutip dari¬†kompas.com (Kamis, 25/9/2014), di tengah taman tersebut terdapat konstruksi besi dan kawat yang berbentuk prisma yang memiliki tinggi sekitar 2 meter dan lebar sepanjang 2,5 meter persegi. Di atas konstruksi besi dan kawat itu terdapat kata “LOVE” yang berukuran besar dan berwarna merah.

Yang membuat “Gembok Cinta” yang ada di Bandung dengan di tempat lain adalah ketika malam hari, konstruksi bangunan ini akan menyala dan memiliki warna-warni yang indah untuk dipandang.

“Bagi yang sudah berpasangan, silakan gantung gembok cinta di sini. gemboknya sendiri-sendiri tapi. Jangan sampai ada yang punya cinta tapi enggak punya gembok, punya gembok tapi enggak punya cinta. Harus dua-duanya,” ucap Ridwan Kamil sang walikota Bandung.

Walikota yang akrab disapa Emil itu pun mempromosikan “Gembok Cinta” pada akun instragramnya @ridwankamil,¬†“Punya cinta? punya gembok? Silakan Datang ke taman Balai Kota.”

Rencananya gembok cinta di Bandung akan resmi dibuka hari ini, 25 September 2014.(dea)