Panasnya cuaca di kota Tangerang membuat dahaga kita menjadi haus. Tak heran jika di sepanjang jalan kawasan tersebut ramai dengan penjual yang menjual minuman seperti es, maupun jus. Salah satu tempat yang menawarkan berbagai minuman segar yakni Kedai Es Bun Tin. Lokasi kedai ini berada di sudut Pasar Lama Tangerang, Banten, tepat di depan Kelenteng Boen Tek Bio.

Di sini, Anda akan melihat tiga orang yang akan melayani pembeli. Ketiganya punya pekerjaan yang berbeda. Salah satu yang selalu sibuk menyambut pembeli dipanggil dengan sebutan Oma. Sementara dua lain bertugas menyerut es dan menyiapkan sajian es, seperti dilansir Kompas, Kamis (25/9/2014)

Kali ini, Oma akan menjelaskan variasi es apa saja yang dijualnya. Di kedainya, Oma selalu menuliskan menu dari es tersebut. Terkadang, nama menu es itu dibuat seunik mungkin agar menarik para pembeli. Contoh, Putsal untuk Putri Salju yaitu es yang di dalamnya serba putih. Es ini terdiri dari leci, kelapa muda, sagu mutiara, kolang-kaling dengan parutan es yang sudah dilengkapi dengan siraman susu kental manis berwarna serupa.

Menurut Oma, sirup sama fungsinya dengan gula atau pemanis. Jumlah sirup yang disediakan ada 11 macam. â??Sirup rekomendasi yang biasanya menjadi favorit ialah sirup vanila, cokelat, almond, durian, kopi, leci dan juga stroberi, semuanya sama-sama enak dan segar,â? ungkap Oma.

Untuk mencoba sajian es di kedai ini, pembeli cukup membayar mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 14.000 saja. Kedai Es Bun Tin dibuka setiap hari. Biasanya, para pembeli kebanyakan anak muda, namun ada pula orang dewasa maupun anak kecil. Kedai ini pun selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Tak heran jika pendapatan sang pemilik meningkat atas dibukanya kedai es tersebut. (nha)