Para pecinta film akan dihibur dengan kehadiran film-film berbagi genre baik dari dalam dan luar negeri. Di pekan keempat September ini, ada beberapa trailer dan teaser film yang telah dirilis.

Dari dalam negeri, ada â??3 Nafas Likasâ? yang akan memberikan inspirasi lewat perjalanan hidup seorang bernama Likas. Sementara dari luar negeri, ada kisah perjuangan keluarga imigran untuk membesarkan bisnisnya di tengah kriminalitas tinggi kota New York tahun 1981 di film â??A Most Violent Yearâ?. Simak lima trailer film pilihan Jadiberita pekan keempat September berikut ini:

 1. 3 Nafas Likas

â??3 Nafas Likasâ? diangkat dari kisah nyata seorang perempuan bernama Likas Tarigan atau Likas Ginting yang berasal dari Karo, Sumatera Utara. Mengambil setting di era tahun 1930 hingga 2000, Likas (diperankan Atiqah Hasiholan) hidup dengan memegang janji kepada tiga orang terpenting dalam hidupnya, yakni ayah, kakak, dan suaminya.

Tiga janji itu selalu berada dalam setiap tarikan nafas Likas sehingga memberikan ruh dan semangat tersendiri setiap ia akan mengambil keputusan. Lewat janji tersebut, akan diungkap pengalaman Likas menjadi perempuan yang memperjuangkan pendidikan dan melecut motivasinya untuk meraih kesuksesan.

â??3 Nafas Likasâ? disutradarai oleh Rako Prijanto yang sebelumnya pernah meraih gelar sutradara terbaik di Piala Citra 2013. Dibintangi oleh Vino G. Bastian, Jajang C. Noer, dan Arswendi Nasution, film ini akan ditayangkan di bioskop Indonesia mulai 7 Oktober 2014.

2. Erau Kota Raja

Keindahan alam dan semaraknya festival tahunan Erau yang digelar di Kutai Kartanegara bakal disajikan dalam film â??Erau Kota Rajaâ?. Dikisahkan, seorang jurnalis bernama Kirana (Nadine Chandrawinata) ditugaskan untuk meliput festival Erau di Kabupaten Kukar. Saat bertugas di Tenggarong, ia bertemu dan berkenalan dengan penduduk lokal bernama Reza (Denny Sumargo).

Kirana dan Reza pun akhirnya saling jatuh cinta. Namun cinta mereka ditentang oleh ibu Reza (Jajang C. Noer) karena perbedaan budaya. Kirana yang dianggap meresahkan masyarakat bahkan diusir pulang ke Jakarta.

â??Erau Kota Rajaâ? disutradarai oleh Bambang Drias dan diproduseri oleh Bupati Kukar Rita Widyasari. Film ini akan ditayangkan awal November mendatang.

3. A Most Violent Year

â??A Most Violent Yearâ? merupakan film drama kriminal yang mengambil setting di musim dingin 1981, tahun paling berdarah di sejarah kota New York. Film ini bercerita tentang kehidupan keluarga imigran yang berusaha mengembangkan bisnisnya. Namun, korupsi, kekerasan, dan kejahatan yang merajalela pada masa itu menyeret mereka dan mengancam akan menghancurkan apa yang telah dibangun keluarga ini.

â??A Most Violent Yearâ? dibintangi oleh Oscar Isaac, Jessica Chastain, David Oyelowo, Albert Brooks. Disutradarai J.C. Chandor yang pernah menggarap â??All is Lostâ? dan â??Margin Callâ?, film ini akan dirilis 31 Desember 2014 di bioskop Amerika.

4. The Crossing

â??The Crossingâ?  diangkat dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 1949. Film ini bercerita tentang tiga pasang an yang berusaha melarikan diri dari kemelut perang saudara di Tiongkok. Mereka menumpang kapal uap yang sedang menuju ke Keelung, Taiwan. Meski hanya memiliki kapasitas sebesar 580 penumpang, kapal ini justru mengangkut 1.500 penumpang.

Kepanikan pun terjadi saat bagian kargo mengalami kerusakan dan kapal tenggelam. Hanya 50 orang yang bisa diselamatkan dari kejadian yang berlangsung 27 Januari 1949 ini.

Diproduksi Tiongkok, â??The Crossingâ? melibatkan aktor dan aktris dari beberapa negara sekaligus seperti Zhang Zi Yi, Song Hye Gyo, Takeshi Kaneshiro, dan Huang Xiaoming. Disutradarai John Woo, bagian pertama film ini akan dirilis di Tiongkok, 2 Desember 2014, disusul bagian keduanya pada Mei 2015.

5. The Interview

â??The Interviewâ? merupakan film aksi-komedi yang disutradari Seth Rogen dan Evan Goldberg. Diceritakan, Dave Syklark (James Franco) dan Aaron Rapoport (Seth Rogen) menjalankan program talkshow selebriti populer bernama â??Skylark Tonightâ?. Saat mengetahui bahwa Kim Jong Un (Randall Park) menyukai acara tersebut, mereka pun berusaha untuk mewawancarai diktator Korea Utara itu.

Namun saat bersiap untuk menuju Pyong Yang, CIA tiba-tiba merekrut mereka dan memberikan tugas khusus,yakni membunuh Kim Jong Un. Bisakah mereka melakukan tugas tersebut? Bagaimana nasib program populer mereka? Dibumbui aksi lucu dari Seth Rogen dan James Franco, â??The Interviewâ? akan dirilis 25 Desember 2014. (nrl)