Xu Shuquan membuktikan keindahan origami alias seni melipat kertas sebagai hobi yang tiada habisnya meski hanya berbekal selembar kertas. Selama 60 tahun terakhir ini ia terus melipat kertas menjadi pesawat terbang.

Tentunya tak sedikit pesawat kertas yang telah dia buat dalam waktu selama itu. Totalnya ada 10 ribu origami pesawat dalam berbagai bentuk dari simpel hingga rumit, ukuran kecil sampai jumbo dan warna berbeda-beda. Selain pesawat kertas, pensiunan guru di kota Chengdu, provinsi Sichuan, Tiongkok, ini juga membuat boneka kertas 12 zodiak.

Yang membuat pesawat dari kertas oleh Xu itu istimewa adalah teknik yang ia gunakan. Xu  menggunakan teknik origami kuno yang rumit bernama Zhezi yang merupakan warisan budaya Tiongkok sebelum muncul dari Jepang. Dulu teknik itu dipakai untuk membuat model kapal atau gerobak bahkan tiruan batangan emas yang dikuburkan bersama orang mati.

“Seni kerajinan kami telah dikalahkan oleh origami Barat dan saya akan sangat senang jika bisa jadi orang yang menghidupkannya kembali,” kata Xu.

Tak hanya sekedar hobi, kesukaannya origami juga ampuh digunakan saat masih mengajar di sekolah. Untuk membuat murid-murid patuh tak jarang ia menunjukkan kemampuannya dalam membuat origami. Meski ampuh, kadang mereka malah jadi sibuk sendiri membuat pesawat kertas.

“Ketika anak-anak tidak memperhatikan atau nakal maka aku akan memperingatkan dengan membuat pesawat dan kulemparkan ke mereka,” beber Xu seperti dilansir dari Softpedia, Sabtu (27/9/2014). “Bentuknya kubuat makin hari makin rumit sehingga mereka tertarik.”

Xu kini bermimpi bisa membuat pameran dengan jumlah koleksinya yang banyak itu. “Impian terbesarku adalah membuat pameran sendiri sehingga orang-orang bisa mempelajari seni tradisional ini,” tutup kakek berusia 70 tahun itu. (tom)