Benarkah Spongebob Mengandung Banyak Kekerasan?


Komisi Penyiaran Indonesia nampaknya serius mengawasi sejumlah tayangan televisi yang dinilai tidak bermuatan unsur pendidikan. Beberapa tayangan serial kartun anak-anak juga ternyata dinilai oleh KPI jauh dari unsur edukasi. Salah satunya adalah tayangan serial kartun Spongebob Squarepants. Spongebob yang sebenarnya sudah dibuat sejak tahun 1999 ini telah menjadi tontonan yang bukan hanya dinikmati oleh anak-anak tapi juga orang dewasa.

Sebuah Spons yang bersahabat dengan bintang laut merah muda bernama Patrick dengan segala tingkah lakunya ternyata dinilai oleh KPI mengajarkan banyak kekerasan. Lembaga yang bertugas mengawasi tayangan-tayangan di televisi itu beralasan banyak adegan yang menunjukan kekerasan seperti saling pukul, cekik mencekik, menyiksa dan saling mengejek diantara tokoh yang bermain di kartun tersebut.

â??Ini berbahaya jika ditonton anak-anak,â? ucap Komisioner KPI, Agatha Lily, seperti dilansir Republika, Jumat (26/9/2014)

Namun di sisi lain serial kartun yang diciptakan oleh animator Stephen Hillenburg ini juga tidak sedikit yang menerjemahkan arti persahabatan dengan cara yang cukup sederhana yakni polos, optimis, setia dan selalu ceria. Patrick sang bintang laut yang tak sepintar Spongebob adalah karakter yang setia sebagai sahabat. Dalam kondisi apapun Patrick tak pernah meninggalkan Spongebob. Mereka tak jarang berkelahi karena hal-hal sepele. Adegan-adegan kekerasan ini mungkin yang dimaksud ole KPI sebagai cara yang tidak baik untuk mendidik anak-anak. Tetapi sebagai “Best Friend Forever”, Spongebob dan Patrick akan kembali menjadi sahabat meski sebelumnya mereka sempat bertengkar dan saling mengejek.

Jika kita cermati secara utuh tayangan serial Spongebob sepertinya jauh dari maksud untuk mengajak penontonnya mengikuti adegan kekerasan yang kerap dipertontonkan oleh Spons kuning dan kawan-kawannya itu. Tapi sejujurnya tayangan serial Spongebob itu mengajarkan adalah tentang persahabatan, kebodohan, kesetiaan dan kelucuan yang ternyata tidak selalu berjalan sesuai harapan kita. Ada konflik, ada permusuhan, dan ada kompetisi. Seperti halnya persahabatan di dunia nyata tak ada yang berjalan mulus dan tanpa perselisihan.

Berikut ini beberapa kata-kata tentang persahabatan yang membuktikan jika tayangan serial Spongebob tidaklah seperti yang dinilai oleh KPI.

  • â??Aku benci kau bahkan jika kau jadi aku. Itulah betapa aku membencimu.â? – Patrick Star
  • “Kau tidak perlu tahu segalanya tentang teman baikmu. Itulah yang membuat persahabatan itu menarik” – Sandy Cheeks
  • “Tidak ada keberanian, tidak ada kemenangan” – Spongebob Squarepants
  • “Hari-hari seperti ini mungkin terjadi sekali ataupun dua kali dalam hidup ini, dan tiap detiknya berharga” – Spongebob Squarepants
  • “Jika aku mati sekarang karena ledakan atau kecerobohan seorang teman aku tidak apa-apa” – Spongebob Squarepants
  • Spongebob: â??Apa yg biasanya kau lakukan saat aku pergi?â? Patrick: â??Menunggumu kembali.â?

Hari ini sosial media twitter pun menampilkan satu baris di daftar list trending Indonesia dengan tagar #SaveSpongebob yang masuk sebagai tagar dengan percakapan yang paling populer di Indonesia.

Setau gue spongebob itu menceritakan tentang persahabatan, kerja keras, kebahagiaan, solidaritas & cita2 #SaveSpongbob, Tulis salah satu tweeps @DeviCuphachabra di akun twitternya.

Ada pula tweeps yang lebih mengusulkan sinetron-sinetron indonesia yang menurutnya meniru konsep cerita dari film luar negeri yang harus dihentikan dari pada serial kartu Spongebob.

Harusnya yang dihapus itu sinetron GGS, Manusia Harimau, Bastian Steel, dsb!!! Yg udah jelas plagiat film luar negeri !!! Bukannya Spongebob!, Tulis @anggasaputra_as di akun twitternya.

Tak hanya ramai di twitter, mereka yang tidak terima serial kartun Spongebob dihentikan oleh KPI membuat petisi berjudul â??Jangan Stop Tayangan Spongebob Squarepants” di situs www.change.org. Berdasarkan pantauan terakhir pada (27/9), Lazuardi yang menggagas petisi ini telah mendapatkan 500 dukungan untuk aksinya.

â??Saya menerima kabar bahwa acara kartun yang berjudul Spongebob Squarepants akan di stop, dan tak ditayangkan lagi, jika berita ini benar, maka kami, selaku Remaja Indonesia, memohon Jangan Stop Tayangan Spongebob Squarepants, acara ini telah menemani kami setelah sekian lama, dan kabarnya akan diganti dengan acara sinetron,â? bunyi petisi tersebut.

Gimana menurut kamu? Setuju Spongebob dihapus KPI?


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
41
Love
OMG OMG
31
OMG
Yaelah Yaelah
61
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
51
Keren Nih
Ngakak Ngakak
81
Ngakak