Dunia musik internasional saat ini memang terus kehadiran penyanyi-penyanyi baru, dan tak jarang di antara mereka meraih sukses luar biasa tak hanya di negaranya sendiri, namun juga di negara-negara lain. Dari sekian banyak musisi, Justin Bieber dan Miley Cyrus termasuk yang paling digemari oleh para penikmat musik yang tersebar di seluruh dunia.

Meski demikian, dalam beberapa tahun ke depan, keduanya dikabarkan akan mengalami penurunan popularitas hingga akhirnya perjalanan karir mereka harus tamat. Hal tersebut disampaikan langsung oleh salah satu musisi senior berbakat, Lionel Richie.

Dilansir dari Contact Music, Minggu (28/9/2014), ia menganggap bahwa musikalitas yang dimiliki Miley dan Justin tak akan pernah bertahan lama dan melegenda seperti Michael Jackson dan Madonna, yang hingga saat ini karyanya masih bisa dinikmati oleh generasi muda. Hal ini disampaikannya langsung melalui sebuah wawancara dengan salah satu media asing.

“Madonna memiliki karya musik yang begitu luar biasa, begitu juga dengan Michael Jackson. Kini, yang jadi pertanyaan, lagu seperti apakah yang akan bertahan selamanya? 20 tahun dari sekarang semuanya akan berubah. Aku memikirkan Miley dan Justin Bieber. Aku tak menghakimi mereka dari popularitas yang dimilikinya, namun dari berapa lama mereka akan tetap berkarya,” tuturnya.

Lionel juga mengungkapkan kalau musisi-musisi yang sudah ada saat ini hanya menghasilkan karya seorang amatir. Menurutnya, setiap penyanyi harus menemukan jati dirinya yang sebenarnya, apakah mereka ingin benar-benar berkarya atau hanya tenar semata.

Lalu apakah benar ramalan dari Lionel Richie ini? Apakah nantinya Justin Bieber dan Miley Cyrus benar-benar akan kehilangan pamornya karena hanya mengincar popularitas semata dan bukan kualitas musiknya? Kita nantikan saja pada tahun-tahun mendatang. (tom)