Sebagaimana diketahui, negara Indonesia kerap dilanda iklim tropis di sebagian wilayahnya. Iklim tropis bersifat panas. Iklim tersebut dapat menyebabkan dua musim yakni hujan dan kemarau. Biasanya, seseorang akan merasakan haus yang luar biasa saat melewati musim kemarau.

Untuk itu, es menjadi salah satu minuman pilihan yang cocok dinikmati saat musim kemarau. Kali ini, JadiBerita akan membahas es yang berasal dari Palembang bernama Es Kacang Merah. Es kacang merah menjadi minuman terfavorit warga Palembang. Saat diminum, segarnya es dapat terasa di tenggorokan.

Es ini sangat cocok dinikmati pada saat siang hari. “Es kacang merah, khas Palembang dan cukup terkenal juga dimana-mana, cocok diminum disiang hari,” jelas Pak Awi salah satu kru es kacang merah, seperti dilansir Okezone, Selasa (30/9/2014)

Pak Awi menambahkan, es kacang merah dibuat dari bahan utama yakni kacang merah. Bahan pelengkap lainnya di antaranya gula pasir, kayumanis, teh cokelat bubuk, susu kental manis, sirup coco pandan, dan es serut. Pertama-tama, kacang merah direbus bersama gula asli selama 15 menit. Setelah adonan matang, maka dihidangkan dengan es serut, santan, sirup dan susu kental manis di mangkuk berukuran sedang.

Es Kacang Merah bercita rasa manis gurih. Kacang merah yang sudah dicampurkan ke dalam es bertekstur lembut dan sangat segar saat disantap. Dalam membuat es kacang merah, Pak Awi selalu menggunakan gula asli.

Sehingga, es ini tak menyebabkan batuk apabila diminum dalam porsi banyak “Gula yang kami pakai tentu saja dengan gula asli, jadi enggak bikin batuk,” tandas Pak Awi

Pak Awi menjual semangkuk es kacang merah seharga Rp 16ribu. Dengan harga segitu, pengunjung bisa menikmati minuman manis segar. Selamat mencoba JBers. (nha)