Banyak cara yang dilakukan seseorang yang ingin menurunkan berat tubuh. Biasanya, mereka melakukan olahraga atau diet selama beberapa hari. Namun, kini ada cara lain yang diklaim dapat melangsingkan badan.

Studi terbaru dari Duke University menunjukkan bahwa kegiatan SMS terbukti ampuh untuk mengatasi masalah kegemukan. Pasalnya, SMS ditunjang dengan beberapa aplikasi yang bisa digunakan sebagai pengingat menjalani pola hidup sehat.

Sebagai buktinya, studi ini telah melakukan pengamatan terhadap 26 responden wanita gemuk yang rata-rata mendapat pesan singkat seperti hindari minuman bergula atau jangan lupa berjalan 10.000 langkah sehari.

Lalu, para wanita itu dibandingkan dengan kelompok yang hanya mencatat kegiatan hariannya di buku harian atau diary. Pasca enam bulan diamati, hasilnya cukup mengejutkan. Responden wanita yang memperoleh SMS dan melakukan pola hidup sehat sukses menurunkan bobot 3 kg. Sedangkan, wanita yang memilih mencatat asupan kalori di buku diary hanya turun 2,5 kg

“Mendapat pengingat motivasional menolong orang untuk tetap berada dalam trek guna mencapai tujuan yakni menurunkan berat badan,” ungkap Samantha Cassetty, MS, RD, selaku direktur nutrisi di Good Housekeeping Research Institute, seperti┬ádikutip Detik, Selasa (30/9/2014).

“Baik lewat aplikasi, grup sosial media, atau hanya SMS dari orang terdekat bisa membawa perubahan pada diri Anda. Khususnya pada metode terakhir, yakni memanfaatkan teman Anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan,” lanjut Cassetty,

Cassetty menyarakan, jika ingin sms-an dengan orang lain, seseorang sebaiknya pilih rekan yang dapat diajak bekerjasama. Selain itu, Anda dan rekan harus saling mengingatkan satu sama lain untuk proses penurunan berat badan.

“Akan lebih baik jika teman yang mengingatkan adalah mereka yang sudah pernah sukses menurunkan berat badan. Sehingga umpan balik bisa diberikan pada Anda. Hal terpenting untuk selalu diingat yakni terus jalani pola hidup sehat, tetap aktif, dan fokus pada tujuan Anda,” tutup Cassetty. (nha)