Air terjun merupakan keadaan geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi hingga akhirnya jatuh ke bawah dari ketinggian. Umumnya, air terjun kerap dijadikan lokasi wisata untuk menarik perhatian para pengunjung.

Biasanya, air terjun yang mengalir ke bawah alirannya akan jatuh ke permukaan tanah. Namun, beda dengan air terjun yang terdapat di Amerika Serikat (AS). Devils’s Kettle disebut sebagai air terjun setan lantaran aliran airnya tidak jatuh ke tanah, melainkan menghilang tanpa meninggalkan jejak.

Devils’s Kettle terletak di Taman Nasional Judge Magney, Grand Marais, Minnesota, Amerika Serikat. Ini adalahs satu-satunya air terjun di dunia yang tergolong aneh.

Seperti dilansir detikTravel, Selasa (30/9/2014), air terjun ini punya dua aliran air berketinggian 50 meter. Satu aliran air mengalir ke bagian dasar dan menuju sungai, namun satu alirannya lainnya justru masuk ke dalam lubang besar kemudian hilang begitu saja.

Fenomena misterius ini pun sudah diteliti oleh para ahli geologi di seluruh belahan dunia. Hasilnya pun nihil, aliran air terjun Devils’s Kettle tidak ditemukan sama sekali. Pendapat lain dikemukakan oleh ahli geologi yang menyatakan bahwa aliran air terjun itu masuk ke dalam sungai bawah tanah yang menuju Dnau Superiordi dekat kawasan Minnesota.

Seolah penasaran, percobaan pun dilakukan oleh seseorang dengan melemparkan benda ke bawah. Hal ini dimaksudkan untuk menelusuri arah aliran air terjun. Lagi-lagi, benda-benda yang dijatuhkan tidak ditemukan di area tersebut.

Hingga sekarang, misteri hilangnya aliran air terjun Devils’s Kettle pun masih belum terpecahkan. Beberapa orang meyakini bahwa aliran air terjun ini menuju dimensi lain yang tidak diketahui oleh manusia. (nha)