Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, itulah ungkapan yang ditujukan seluruh orang yang ingin memiliki hidup sehat dan terbebas dari serangan penyakit. Ungkapan itu pun bisa memicu seseorang melakukan olahraga secara rutin demi menjaga kesehatan tubuh.

Olahraga bisa dilakukan saat pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Tak perlu waktu lama untuk berolahraga. Anda hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 10 hingga 20 menit untuk menggerakkan badan. Olahraga memiliki sejumlah manfaat bagi seseorang yang melakukannya. Salah satunya dapat menurunkan berat tubuh dan membakar kalori lemak.

Terkait hal ini, Etty Budhi selaku personal Trainers dan Instruktur Aerobik, menuturkan bahwa latihan berolahraga sampai satu jam tidak akan ada artinya.

“Latihan olahraga apapun selama satu jam itu tidak artinya. Lebih baik, Anda melakukan latihan 20 menit tetapi berkelanjutan. Misalnya pertama latihan lari di treadmil selama 20 menit, itu cukup untuk membakar lemak,” ujar Etty, seperti dilansir Okezone, Kamis (2/10/2014)

Lebih lanjut Etty menambahkan, jika seseorang berolahraga lebih dari 20 menit, maka bukan pembakaran lemak yang terjadi, melainkan gula darah di dalam tubuh. Bahkan, dampak dari pembakaran gula darah ketika berolahraga lebih dari 20 menit bisa berbahaya.

“Kalau Anda olahraga berlama-lama yang dibakar adalah gulanya, sehingga menjadi pusing dan lemas hingga pingsan. Biasanya latihan itu tidak perlu lama-lama, cukup 20 menit latihan pembakaran lemak dan 10 menitnya latihan pengencangan otot,” pungkas Etty.

“Misalnya angkat beban, push up dan sit up itu cukup 10 menit saja. Jadi, dalam 30 menit Anda sudah membakar 200 sampai 300 kalori dan pada 10 menit latihan pengencangan otot bisa membakar sekira 100 sampai 150 kalori, jadi benefit,” tutup Etty. (nha)