Tahun 2000, ada sebuah film jungfu yang diperankan oleh Chow Yun Fat berjudul “Crouching Tiger, Hidden Dragon”. Tahun depan, yaitu tahun 2015, sekual dari film tersebut direncanakan akan rilis. Namun empat  jaringan bioskop terbesar Amerika Serikat menegaskan bahwa mereka akan memboikot perilisan film tersebut. Apa yang membuat mereka memboikot film tersebut?

Film “Crouching Tiger, Hidden Dragon” ini akan dirilis secara berurutan dalam Netflix dan teater IMAX pada tanggal 28 Agustus 2015. Rencana tersebut lantas ditentang oleh AMC, Cinemark, Carmike dan Regal. Mereka mengungkap bahwa film tersebut tak akan dirilis di jaringan bioskop mereka, sebagaimana dilansir dari Variety, Kamis (2/10/2014).

Juru bicara Carmike, Robert Rinderman mengatakan alasan penolakan film tersebut. “Kami berkomitmen kepada perilisan film secara eksklusif untuk penonton yang benar-benar menginginkan eksklusivitas. Oleh karenanya kami menolak menayangkannya,” ujarnya.

Netflix dan IMAX punya format yang berbeda. IMAX menyajikan layar dan resolusi gambar dengan kualitas tinggi, sementara Neflix menyajikan film dalam format streaming dan bisa dinikmati dari layar apa pun selama ada koneksi internet. Tentunya para pengguna internet akan lebih memilih Netflix karena mereka tidak perlu keluar rumah.

Sekuel tersebut akan dirilis dalam dua format berbeda tersebut dalam waktu yang sama. Netflix sendiri menyambut positif perilisan film tersebut karena nantinya akan menyajikan pilihan yang tak terduga bagi penonton.

Sekuel “Crouching Tiger, Hidden Dragon” yang berjudul “Crouching Tiger, Hidden Dragon : The Green Legend” akan meneruskan kisah dari film pertamanya. Dalam film kedua, posisi sutradara dipercayakan kepada Yuen Wo-Ping. Sementara Michelle Yeoh kembali memerankan Yu Shu-Lien bersama dengan pemain baru Donnie Yen dan bintang GLEE Harry Shum Jr.

Apakah Anda tertarik untuk mengikuti film kungfu ini? (tom)