Ustad Guntur Bumi atau kerap disebut UGB dijatuhi masa hukuman 6 bulan penjara terkait kasus penipuan berkedok pengobatan alternatif oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, 10 September lalu. Pemilik nama asli Muhammad Susilo Wibowo itu sudah ditahan sejak awal Mei lalu dan akan bebas sebentar lagi.

Namun entah darimana datangnya, belakangan ini santer terdengar isu bahwa UGB kabur dari penjara. Afrian Bondjol, pengacara UGB, pun membantah kabar tersebut. Ia menegaskan jika UGB hingga saat ini masih berada di tahanan dan tidak melarikan diri sama sekali.

“Berita atau isu tersebut tidaklah benar. Sampai hari ini, sampai dengan saat ini UGB masih menjadi dan menjalani masa hukuman. Nggak perlu dicek, yakin saja. UGB tabah menjalani hukuman. Kabar atau isu UGB kabur tidak benar! UGB saat ini masa menjalani masa hukuman,” tegas Afrian seperti dilansir dari Wowkeren, Sabtu (4/10/2014).

Waluyo, Kepala Sie Penegakan Hukum Kejaksaan Tinggi DKI juga membenarkan ┬áklarifikasi Afrian. “Saat ini dia ditahan di Rutan Cipinang, cabang Polda Metro Jaya. Lokasi di Polda, tapi Rutan cabang Cipinang. Kan ada Polda, Rutan cabang Salemba. Posisi di Polda ditahannya,” jelas Waluyo.

Waluyo pun mengatakan jika suami Puput Melati itu akan bebas awal November nanti karena hukumannya sudah dipotong masa tahanan. “Awal November bebasnya, ditahan tanggal 5 Mei. Jadi, isu UGB kabur itu tak benar,” pungkasnya.

UGB dilaporkan atas tindak penipuan dan praktik pengobatan sesat oleh mantan-mantan pasiennya. Mereka mengatakan bahwa UGB mendiagnosa pasiennya terkena santet dan meminta bayaran mahal. Ustad asal Semarang itu juga sering menggunakan benda-benda aneh seperti belatung, pasir, pecahan kaca, yang seakan keluar dari tubuh pasien agar mereka percaya penyakitnya berbahaya. (nrl)