Anda pernah mendengar adanya makhluk misterius bernama Nessie? Jika pernah, mungkin Anda tahu dimana makhluk tersebut pertama muncul. Makhluk tersebut pertama muncul di Loch Ness, Skotlandia. Namun kali ini kita tidak membahas Loch Ness, melainkan Loch lain yang berada di Skotlandia, yaitu Loch Lomond.

Loch yang satu ini merupakan danau yang berada di patahan perbatasan dataran tinggi di Skotlandia yang berisi air tawar. Meskipun tidak memiliki cerita misteri dengan monster di dalamnya, danau yang ini tak kalah menarik dari Loch Ness karena danau ini merupakan danau yang paling luas yang ada di Britania Raya. Demikian luasnya danau ini, Anda juga bisa menemukan pulau-pulau yang menyembul ke permukaan air danau dan salah satu yang paling besar adalah Inchmurrin.

Dilansir dari Yukpegi, Sabtu (4/10/2014), danau ini berada di dalam naungan Taman Nasional Loch Lomond dan Trossachs, dan menjadi tujuan wisata yang sangat populer di Britania Raya. Taman nasional ini berada kurang lebih 15 km di sebelah barat laut Glasgow dan mempunyai luas kurang lebih 720 mil persegi dengan beragam pemandangan terbaik yang bisa Anda temukan di Inggris. Taman nasional ini dibuka secara resmi tanggal 24 Juli 2002 oleh Putri Anne.

Untuk menikmati keindahan danau ini, Anda bisa menyewa kapal mewah mulai dari 30 menit hingga seharian penuh dengan harga yang beragam. Anda tentu tidak akan dibiarkan sendirian menikmati keindahan Loch Lomond karena Anda juga akan ditemani oleh pemandu yang sudah berpengalaman sehingga Anda bisa mempelajari atau bahkan mengetahui lebih jauh mengenai keindahan yang ditawarkan oleh danau ini.

Pemandu yang dimaksud biasanya tak lain juga bertugas sebagai nahkoda. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena mereka mempunyai pengetahuan yang mumpuni mengenai lingkungan di sekitar danau. Anda bahkan bisa diantar untuk berkunjung ke tempat tersembunyi di sekitar danau yang akan membuat Anda berdecak kagum akan keindahan alam yang ada. (tom)