Kuliner Enak dan Murah? Gultik Blok M Saja

Banyak yang beranggapan kalau makan di Jakarta di semuanya serba mahal. Memang hal itu benar, tapi tidak sepenuhnya benar. Cobalah jalan-jalan di kawasan Blok M Plaza untuk mencicipi salah satu kuliner legendaris di lokasi ini, yakni gultik. Gultik merupakan kependekan dari gulai tikungan, bukan gulai itik seperti yang disangka sebagian orang. Dinamakan gultik karena gulai ini memang banyak dijual di tikungan perempatan Jalan Mahakam dan Jalan Bulungan.

Dilansir dari Kabar Kuliner, Minggu (5/10/2014), konon gultik ini sudah tersohor sejak tahun 1980-an. Penggemarnya cukup banyak,  dari kalangan pelajar hingga pekerja, dari pejalan kaki hingga yang bermobil. Penyebabnya apa lagi kalau bukan rasanya yang enak dan harganya yang sangat ramah di kantong.

Memang ada lebih dari satu penjual di lokasi tersebut, tapi dari segi rasa kata para penggemarnya tak jauh beda antara satu dengan lainnya. Meski begitu, tiap orang pastinya tetap memilih warung yang paling pas dengan seleranya masing-masing. Gulai yang dijajakan disini adalah jenis gulai sapi. Bahan yang digunakan antara lain ada urat, tetelan, lemak, dan jeroan. Barangkali ini yang membuat harganya relatif lebih murah, tidak semahal jika menggunakan bahan dari daging kambing.

Untuk kuahnya, kuah gultik tidak terlalu pekat atau kental, namun gurihnya tetap dominan. Dengan kuah santan yang cenderung encer, gultik juga terasa lebih ringan ketika disantap. Tidak mudah membuat enek.

Untuk penyajiannya, gulai langsung disiramkan di atas sepiring nasi putih. Taburan bawang goreng dan kerupuk menjadi pelengkap yang paling pas. Bisa juga ditambahkan kecap dan sambal untuk memberi sentuhan rasa manis-pedas pada gultik. Ukuran porsinya terbilang sedang, sesuai dengan harganya. Pembeli yang terbiasa makan porsi besar mungkin baru bisa puas setelah menandaskan dua porsi gultik.

Gultik ini dijual dengan kisaran harga Rp 8 ribu sampai Rp12 ribu per porsinya. Penjual gultik ini mumumnya buka dari sore hari hingga dini hari. Tertarik? Langsung saja kunjungi daerah Bulungan, Blok M. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Warna-warni Perahu Apung di Desa Nelayan Tiongkok

Tips Liburan Bareng Pasangan