Artis ataupun selebritis merupakan sosok yang dikenal banyak orang dan harus menjadi panutan para fans atau orang di sekitarnya. Namun, tak semua artis bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. Nyatanya ada juga beberapa seleb yang melakukan tindak pidana kriminal. Dilansir dari The Richest, Minggu (5/10/2014), berikut adalah 5 seleb Hollywood yang pernah terjerat kasus kriminal berat.

1. Jay Z

Jay Z
Jay Z

Jay-Z, suami dari Beyonce yang memiliki nama Sean Corey Carter ini sukses menjadi salah satu musisi paling berpengaruh saat ini. Namun sebelum menjadi terkenal, di usia remajanya Jay-Z sempat beberapa kali terjerat kasus kriminalitas. Salah satunya kala Jay-Z menembak kakak kandungnya bernama Eric tepat di bahunya. Kejadian ini pun menjadi inspirasinya dalam salah satu lagu berjudul ‘In My Lifetime, Vol.1’. Tak hanya itu saja, kala meniti karir di belantika musik Amerika Serikat, Jay-Z juga sempat menusuk produser musik bernama Lance “Un” Rivera di tahun 1999.

2. Mark Wahlberg

Mark Wahlberg
Mark Wahlberg

Aktor pemeran “Tranformers 4” ini juga pernah terjerat kasus kriminal berat. Saat remaja, Wahlberg tercatat pernah terlibat setidaknya 20 kasus kriminalitas dan harus berurusan dengan Departemen Kepolisian Boston. Wahlberg diketahui pernah terlibat kasus rasial dengan menyerang sekolah anak-anak berkulit hitam. Saat menginjak usia 16 tahun, Wahlberg pernah menyerang pria asal Vietnam hingga membuat pria tersebut buta.

3. OJ Simpson

OJ Simpson
OJ Simpson

OJ Simpson, aktor sekaligus mantan pemain American Football ini mungkin lebih dikenal orang sebagai pelaku kriminal daripada prestasinya selama karirnya. Simpson bahkan sempat tersangkut dua kali kasus percobaan pembunuhan dengan korban Nicole Brown Simpson yang merupakan mantan istrinya dan Ron Goldman, salah satu rekanannya. Di tahun 2008, Simpson juga terjerat hukum kala tertangkap basah terlibat dalam kasus penculikan dan perampokan.

4. Matthew Broderick

Matthew Broderick
Matthew Broderick

Aktor terkenal Hollywood ini juga sempat dihukum penjara karena menghilangkan nyawa orang lain kala dirinya lalai saat mengemudi. Kejadian ini terjadi di tahun 1987, kala Broderick sedang liburan dengan pasangannya kala itu, Jennifer Grey di Irlandia. Saat mengemudikan mobil BMW sewaan, Broderick secara tak sengaja berpindah jalur berlawanan dan menabrak mobil Volvo dan membunuh dua orang di mobil tersebut.

5. Amy Locane

Amy Locane
Amy Locane

Amy Locane, salah satu aktris Hollywood terkenal ini kini harus rela mendekam di Lembaga Pemasyarakatan khusus perempuan Edna Mahan. Hal ini karena pada Februari 2013, Amy dijatuhi hukuman tiga tahun penjara setelah dia dinyatakan bersalah karena menghilangkan nyawa orang lain saat berkendara. Kasus tersebut terjadi di tahun 2010, saat Locane gagal mengendalikan laju mobilnya akibat pengaruh alkohol dan menabrak seorang wanita berusia 60 tahun dan melukai suaminya. (tom)