Manusia tidak hanya berguna saat dirinya masih hidup, tapi juga bisa berguna setelah dirinya meninggal. Hal itu dibuktikan oleh seorang wanita asal India bernama Kavita Karkare.

Kavita Karkare meninggal pada usianya yang ke-57 tahun akibat stroke di otak. Meski demikian, dirinya masih bisa menolong manusia lainnya. Istri dari mendiang kepala Pasukan Anti Teroris India ini menyumbangkan tiga organ tubuhnya kepada orang yang membutuhkan. Ketiga organ tersebut adalah dua ginjal dan dua matanya.

Seperti dikutip dari Times of India, Senin (6/10/2014), organ Karkare disumbangkan setelah dirinya meninggal hari Senin tanggal 30 September kemarin di Amerika Serikat. Salah satu orang yang akan menerima ginjalnya bahkan telah menderita gagal ginjal sejak satu dekade.

Penerima ginjal pertamanya merupakan pria berusia 48 tahun. Dirinya telah mendaftarkan untuk mendapatkan donor ginjal sejak bulan Maret 2014. Salah satu penerima ginjal lainnya, seorang pasien yang dirawat di Rumah Sakit Jaslok bahkan harus menunggu untuk mendapatkan transplantasi ginjal sejak tujuh tahun. Sementara kedua mata Karkare akan didonasikan ke Bank Mata Haji Bachooali di parel, India.

Kavita Karkare merupakan istri kepala Pasukan Anti Teroris India yang tewas ditembak teroris pada tahun 2008. Dalam wawancara dengan Times of India pada tahun 2009, Karkare mengatakan, dirinya mengingat jelas pertemuan terakhirnya dengan sang suami.

“Untuk pertama kalinya dalam kurun waktu sebulan setengah, saya dan Hemant mengadakan makan malam bersama pada tanggal 26 November 2008. Hemant kemudian mendapatkan telepon mengatakan bahwa ada permasalahan di CST. Dia lalu segera mengenakan sepatunya dan bergegas ke mobil,” ujarnya.

Hemant meninggal dekat Rumah Sakit Cama. Ia lalu mempertanyakan pihak yang berwenang tidak berusaha menyelamatkan suaminya usai ditembak yang berada di luar rumah sakit selama 40 menit.

Semoga mereka berdua bisa bertemu di surga karena telah membantu manusia lainnya. (tom)