Sate Kambing Bu Hj. Bejo, Tetap Digemari Hingga Kini


Selain nasi liwet dan selat daging sapi, Solo juga terkenal dengan aneka olahan daging kambing. Di kota ini anda akan sangat mudah mendapati warung sate kambing, dari yang kelas warung tenda hingga rumah makan gedongan. Menu yang disajikan kurang lebih sama, termasuk sate, tongseng, gule, dan tengkleng.

Meski begitu, tiap warung biasanya mempunyai ciri khas tersendiri dalam masakannya dan mempunyai menu unggulan yang berbeda-beda. Ada yang masakan satenya enak, tapi tongseng dan tengklengnya kurang begitu mantap. Begitu juga sebaliknya. Itulah kenapa penikmat olahan kambing di Solo bisa mempunyai referensi warung yang berbeda untuk menu yang berbeda pula.

Dari banyak pilihan yang ada, tak afdol rasanya kalau tidak menyebut Warung Sate Kambing Bu Hj. Bejo yang berlokasi di daerah Lojiwetan, Solo. Warung sate ini mungkin bisa dibilang salah satu yang tertua di Solo. Dirintis dari awal tahun 1970-an, warung sate Bu Bejo masih tetap eksis dan digemari hingga kini. Pelanggannya beragam, dari masyarakat umum hingga pejabat. Dulu olahan kambing Bu Bejo sering dipesan oleh keluarga Cendana yang mampir di Puri Kalitan. Walikota Solo terdahulu, Joko Widodo, pun konon juga menjadi pelanggan warung sate ini.

Warung ini tidak hanya khusus menjual sate kambing, ada juga olahan lain seperti sate buntel (menggunakan daging kambing cacah yang dibungkus lapisan lemak tipis), gule, tengkleng, tongseng, hingga nasi goreng kambing. Aroma sedap bakaran sate seolah menggodai orang yang lewat untuk singgah ke warung ini.

Dilansir dari Kabar Kuliner, Senin (6/10/2014), menurut para pelanggannya, keunggulan sate Bu Bejo adalah dagingnya yang empuk dan tidak berbau prengus khas kambing. Barangkali ini karena Bu Bejo selalu menggunakan daging kambing muda yang segar. Kambingnya pun dipilih yang gemuk. Dari segi bumbu tak jauh beda dengan sate kambing pada umumnya. Meski begitu, citarasanya tak bisa disamakan begitu saja dengan olahan kambing di tempat lain, sekalipun itu adalah olahan generasi penerus Bu Bejo sendiri.

Penasaran dengan rasa dari sate kambing Bu Bejo ini? Datang saja langsung ke Lojiwetan, Solo. Warung ini buka dari pukul 7 pagi hingga pukul 1 siang. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak