Gedong Songo adalah nama sebuah candi yang terletak di Semarang. Lokasi candi ini berada tepat di lereng Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang, jawa Tengah. Gedong Songo merupakan candi Hindu yang didirikan di masa Dinasti Syailendra, pada abad ke-9 M.

Gedong Songo mempunyai 9 bangunan candi yang terdiri dari 7 bangunan candi berdiri kokoh, dan 2 candi lainnya masih dalam tahap restorasi. Dalam pembangunan candi ini, terdapat dua perpaduan agama yakni lokal dan Hindu. Oleh masyarakat setempat, candi ini diyakini sebagai rumah para Dewa.

Gedong Songo memiliki bentuk kuncup ke atas, yakni punden berundak-undak. Mitosnya, semakin ke puncak, maka roh nenek moyang semakin dekat dengan manusia, seperti dilansir TravelDetik, Selasa (7/10/2014).

Layaknya candi pada umumnya, Gedong Songo juga memiliki sejumlah arca seperti Durga (Istri Siwa), Ganesa (Anak Siwa), Agastya (Seorang Resi), serta dua pengawal Dewa Siwa, yaitu Nandiswara dan Mahakala yang bertugas menjaga pintu candi.

Saat memasuki area candi, para pengunjung bisa melihat bagaimana megahnya bangunan candi Gedong Songo I. Sedangkan, untuk menuju candi Gedong Songo II, turis harus berjalan kaki atau menaiki kuda dengan jarak tempuh yang jauh.

Letak candi Gedong Songo II sekitar 500 meter di atas candi Gedong Songo I. Masing-masing area yang ada di candi I dan candi II terdapat 1 bangunan candi yang berdiri. Selanjutnya, candi Gedong Songo III. Di sini, wisatawan dapat melihat pemandangan tiga buah candi yang saling berdekatan.

Di sini, ada pula beberapa patung di antaranya Patung Durga, Ganesa, dan pengawal Dewa Siwa, Nandiswara dan Mahakala. Jika wisatawan mengitari area perbukitan, maka Anda akan melihat panorama indah yang dihadirkan dari Candi IV, V, dan seterusnya. (nha)