Kecanggihan teknologi membuat dunia berbisnis menjadi kian mudah. Anda bisa melakukan bisnis secara online untuk menambah pundi-pundi penghasilan Anda. Tidak perlu menunggu punya toko untuk bisa berjualan. Dengan bisnis online, Anda bisa jualan hanya dengan modal gadget canggih dan koneksi internet.

Agar bisnis online bisa berjalan lancar dan sukses, seorang praktisi bisnis online, Mustika Putri, berbagi tips bagaimana mengatur bisnis agar lancar di dunia maya. Dikutip dari plasadana.com (Rabu, 8/10/2014), berikut ini tipsnya.

1.  Utamakan Kualitas dan Pelayanan

Berbisnis secara online susah-susah gampang. Kuncinya adalah mendapat kepercayaan dari konsumen. Konsumen tidak bisa berinteraksi langsung dengan Anda, dan tidak bisa memegang langsung barang yang Anda jual. Membuat konsumen Anda yakin pada kualitas dari produk Anda misalnya dengan memperlihatkan atau memamerkan pendapat atau testimoni dari orang-orang yang sudah membeli produk Anda. Pelayanan terhadap konsumen pun harus diperhatikan, agar mereka bisa percaya dengan produk Anda yang Anda jual itu berkualitas.

2. Perhatikan Tampilan Produk

Pengunjung toko online atau media sosial senang melihat barang dengan tampilan menarik. Pajang foto produk dengan elegan dan gambar yang berkualitas namun tidak mengubah warna dan keaslian dari produk tersebut. Perlihatkan foto seasli mungkin dengan produk yang dijual agar pembeli tidak meras tertipu setelah melihat barang aslinya.

3. Memperhatikan Hal Teknis

Bisnis secara online perlu memperhatikan hal-hal teknis seperti website dan domain. Pilih nama domain yang mudah diingat. Namun jangan lupa terus berpromosi di media jejaring sosial Anda.

4. Perhatikan Garansi Produk

Pembeli tentu akan lebih senang memilih produk yang ada garansinya. Tentukan produk Anda bias bergaransi atau tidak. Jika barang elektronik yang Anda jual bisa memberi garansi legkap, namun jika berbisnis pakaian. Pastikan si pembeli benar-benar memilih ukuran yang sesuai dengan tubuhnya sebelum memesan.(dea)