Mariah Carey selama ini dikenal dengan salah satu diva dengan jangkauan suaranya yang tinggi hingga lima oktaf. Lagu-lagu dan konsernya pun selalu dinantikan para penggemar. Begitu pula dengan rangkaian konser â??Elusive Chanteuse World Tourâ? yang tengah ia gelar saat ini.

Namun sayang, beberapa fans tidak mendapatkan apa yang mereka harapkan. Di konser yang digelar di Tokyo, akhir pekan lalu, Mariah tampak kesulitan menyanyikan nada-nada tinggi termasuk saat membawakan â??Vision of Loveâ?, lagu yang pernah mengantarnya memenangkan Grammy Awards.  Saat suaranya pecah, Mariah tiba-tiba berhenti bernyanyi dan mulai melantunkan liriknya dengan rap.

Kekecewaan juga dirasakan oleh fans Korea Selatan. Banyak di antara mereka bahkan mengaku meninggalkan acara saat masih berlangsung karena tidak tahan dengan buruknya kualitas konser tersebut. Sebagian fans juga menyarankan agar artis yang baru saja berpisah dengan Nick Cannon itu untuk segera pensiun jika tidak bisa menyanyi dengan profesional lagi.

â??Aku fans Mariah yang baru pulang dari konsernya. Kukira paling tidak ia akan menyanyikan lagunya yang terkenal di Korea seperti â??Heroâ?? atau â??Without Youâ??, tapi tidak! Sebagian besar konsernya diisi pertunjukan menari dan instrumen. Saat menyanyi pun ia kebanyakan lip sync, sungguh mengecewakan,â? komentar seorang fans. â??Tolong segeralah pensiun. Paling tidak, jaga martabatmu sebagai seorang diva,â? tambah fans lain.

Konser ini sendiri digelar sebagai promosi album terbarunya bertajuk â??Me. I Am Mariah … The Elusive Chanteuseâ?  yang dirilis Mei lalu. Sempat ditunda peluncurannya beberapa kali dan digarap selama empat tahun, album ini terjual 58 ribu copy di minggu pertamanya.

Ini merupakan catatan terendah Mariah dibandingkan penjualan albumnya yang lain. Meski demikian, kritikus memberikan respon cukup positif terhadap album ke-14 Mariah itu. (nrl)