â??The Maze Runnerâ? sukses menduduki peringkat pertama box office Amerika saat dirilis beberapa 19 September lalu. Film ini berhasil meraup pendapatan sebesar USD 32,5 juta (setara Rp 389 miliar) di minggu pertamanya meski harus bersaing dengan film unggulan lain. Melihat kesuksesan tersebut, 20th Century Fox pun menyiapkan trilogi film yang diadaptasi dari novel karya James Dashner itu.

Fox tampaknya juga telah memutuskan bahwa mereka tidak akan membagi film ketiga atau terakhirnya menjadi dua bagian. Seperti diketahui, sudah banyak film yang mengikuti tren tersebut seperti â??Twilightâ? dan â??Harry Potterâ?. Wes Ball yang menyutradarai film pertamanya pun mengatakan â??The Maze Runnerâ? hanya akan terdiri dari tiga film seperti trilogi novelnya.

â??Kurasa angkanya hanya tiga, yakni awal, akhir, dan tengah. Itu saja. Empat? Rasanya ada yang aneh,â? ungkap Wes seperti dilansir dari Digital Spy, Jumat (10/10/2014). â??Kalau aku sendiri mengatakan film ini pada dasarnya hanya ada tiga. Kami tidak akan membagi (bukunya menjadi dua), tidak mungkin. Kurasa tiga adalah angka yang tepat, â??Star Warsâ??!â?

Trilogi novel James Dashner sendiri terdiri atas â??The Maze Runnerâ?, â??The Scorch Trialsâ?, dan â??The Death Cureâ?. Film keduanya akan dirlis 18 September 2014. Dylan Oâ??Brien, Kaya Scodelario, Thomas Sangster, Ki Hong Lee, dan Patricia Clarkson diperkirakan akan kembali memerankan karakternya masing-masing di film ini.

Meski film ketiga dari trilogi ini tidak akan dibagi dua, â??The Maze Runnerâ? tampaknya tidak akan berakhir singkat. Masih ada kemungkinan bagi produser untuk memperpanjang franchise film ini. Pasalnya, James Dashner sendiri sudah menulis novel prequel bertajuk â??The Kill Orderâ?. Ia juga akan meluncurkan kisah lanjutannya di â??The Fever Codeâ? pada tahun 2016 mendatang. (nrl)