Di dunia ini ada saja tempat-tempat yang diyakini memiliki sejarah yang unik. Salah satunya adalah Giant’s Causeway. Giant’s Causeway adalah deretan batu karang unik yang ada di County Antrim, pantai timur laut Irlandia Utara. Tempat ini merupakan salah satu objek wisata populer di Irlandia Utara. Batu karang di Giant’s Causeway memiliki bentuk tak biasa, tersusun dari kolom-kolom basal berbentuk prisma segi enam. Ada pula yang berbentuk prisma segi empat, lima, tujuh, atau delapan.

Menurut UNESCO World Heritage Centre, kolom-kolom basal ini terbentuk karena letusan gunung berapi yang terjadi pada zaman purba. Lava dari erupsi gunung berapi bersentuhan dengan air laut. Perubahan suhu yang mendadak menyebabkan aliran lava tersebut mendingin dalam waktu singkat. Proses pendinginan kilat inilah yang merubah lava menjadi batu-batu berbentuk kolom.

Tetapi cerita rakyat yang berkembang di tengah masyarakat justru menyebutkan Giant’s Causeway sebagai puing jembatan batu yang dibangun raksasa dari zaman purba. Dilansir dari Atlas Obscura, Jumat (10/10/2014), legenda kuno Irlandia menyebut kalau karang ini merupakan ujung dari sebuah jembatan besar kuno yang menghubungkan Irlandia dan Skotlandia. Konon ujung dari jembatan ini adalah Gua Fingal di Skotlandia yang juga memiliki ciri khas kolom-kolom basal berbentuk prisma segi enam.

Alkisah, Giant’s Causeway dulunya merupakan reruntuhan jembatan batu yang dibangun oleh seorang raksasa Irlandia, yaitu Finn MacCool. Ia ditantang raksasa Benandonner dari Skotlandia untuk membangun sebuah jembatan yang menghubungkan lautan agar kedua raksasa itu dapat bertemu dan adu kekuatan. Jadilah Fionn membuat jembatan dari tumpukan batu yang bermula dari Giant’s Causeway hingga ke Gua Fingal di Skotlandia.

Terlepas dari benar tidaknya legenda tersebut, yang pasti keunikan kolom basal ini menjadikan Giant’s Causeway objek wisata yang menawarkan pemandangan alam yang berbeda. Sekarang ini Giant’s Causeway resmi terdaftar sebagai bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1986. Setahun kemudian Departemen Lingkungan Irlandia Utara menyatakan situs batu karang ini sebagai Cagar Alam Nasional. (tom)