6 Band Terkaya di Dunia

Grup band, terutama band yang sudah berdiri sejak lama, seskipun sebagian dari band tersebut sudah tidak aktif lagi di blantika musik dunia, nama mereka masih hidup abadi di hati para penggemar setianya. Dilansir dari The Richest, Minggu (12/11/2014), berikut adalah 6 band terkaya di dunia.

1. Queen

Queen
Queen

Queen adalah salah satu dari sekian banyak band Inggris di daftar ini. Merilis album perdananya pada tahun 1973, band pelantun “Love of My Life” dan “Bohemian Rhapsody” yang digawangi Freddie Mercury ini telah menjual setidaknya 61 juta keping album di seluruh dunia, dan meraup uang sebesar USD 200 juta (sekitar Rp 2,4 triliun) dari total penjualan album dan tiket konser.

2. The Rolling Stones

The Rolling Stones
The Rolling Stones

Band rock dan blues asal Inggris yang identik dengan sang vokalis, Mick Jagger, ini, telah menjual sebanyak 66 juta keping album. Band dengan hits “(I Can’t Get No) Satisfaction” ini sudah berkarya sejak tahun 1962, dan meraih total pendapatan sebesar USD 200 juta (sekitar Rp 2,4 triliun) meliputi penjualan album dan konser tour keliling dunianya.

3. Aerosmith

Aerosmith
Aerosmith

Aerosmith telah ada sejak tahun 1970. Band yang lebih dikenal dengan vokalisnya, Steven Tyler ini, adalah band rock Amerika dengan penjualan tertinggi sepanjang sejarah. Band pelantun lagu soundtrack Armageddon, “Don’t Wanna Miss A Thing” ini telah menjual 66.5 juta kopi album sejak kemunculannya di tahun 1970. Total pendapatan mereka mencapai USD 150 juta (sekitar Rp 1,8 triliun).

4. Led Zeppelin

Led Zeppelin
Led Zeppelin

Band hard rock dan heavy metal asal Inggris pelantun “Stairway to Heaven” yang semua orang ketahui ini menjual setidaknya 11,5 juta keping album di seluruh dunia dalam rentang waktu 12 tahun (1968 – 1980). Album Led Zeppelin yang paling banyak terjual adalah Led Zeppelin IV, yang berkontribusi sebanyak 37 juta keping dari total penjualan. Band ini telah menghasilkan USD 300 juta (sekitar Rp 3,6 triliun) sepanjang karirnya.

5. U2

U2
U2

U2, band asal Irlandia dengan vokalisnya, Bono ini telah menjual lebih dari 150 juta keping album di seluruh dunia. Band yang belum lama ini merilis albumnya secara gratis melalui iTunes ini telah menelurkan 12 album sejak debutnya pada tahun 1976, dan telah menghasilkan USD 878 juta (sekitar Rp 10,5 triliun).

6. The Beatles

The Beatles
The Beatles

Band yang mungkin paling populer seantero semesta ini juga adalah band terkaya sedunia. Terbukti dengan tercatatnya penjualan album sebanyak 250 juta keping, walaupun banyak yang menyebut kalau sebenarnya mereka telah menjual sebanyak 600 juta keping. Diperkirakan The Beatles memperoleh penghasilan sebanyak USD 600 juta (sekitar Rp  7,2 triliun) selama masa kejayaannya (1960 – 1970). (tom)

 

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Gurihnya Sate Bulayak khas Lombok

The Strawberry Surprise, Kisah Cinta Berjuta Rasa