Jonah Soewandito adalah seorang pelajar muda yang memiliki kepandaian di bidang pendidikan. Bayangkan saja di usia 11 tahun, Jonah sudah didaftar menjadi peserta termuda yang ikut dalam ujian sekolah menengah (HSC) di New South Wales yang dimulai Senin (13/10/2014).

Jonah berasal dari ekolah swasta Scots College di Sydney. Seperti dilansir Kompas, Senin (13/10/2014), ujian ini umumnya diikuti oleh para pelajar yang berada di kelas XII dan usia antara 16-17 tahun. Saat ini, Jonah duduk di bangku kelas XII

Di tahun ini, Jonah akan mengikuti ujian mata pelajaran Matematika dan Kimia. Sedangkan, tahun 2015 mendatang, ia akan menjalani ujian untuk mata pelajaran Matematika Lanjutan, Fisika, dan Bahasa Inggris.

Ternyata, Jonah masih berasal atau memiliki darah Indonesia. “Yang kami tahu Jonah adalah pelajar yang lahir di Australia,” kata seorang staf ABC International, L Sastra Wijaya, Scots College.

“Untuk sementara, keluarga tidak mau berbicara lagi dengan media karena tidak mau memberikan tekanan berlebihan untuk Jonah yang sekarang sedang serius bersiap menghadapi ujian,” lanjutnya.

Chris Metcalfe selaku salah satu guru Jonah mengatakan, muridnya itu termasuk siswa paling pintar dan berbakat yang pernah ia ajarkan. “Jonah adalah murid paling berbakat yang pernah saya ajar. Saya senang ke sekolah sehingga bisa istirahat dari kegiatan belajar guna menghadapi ujian.” tandas Chris.

“Saya senang sains karena masih banyak penemuan yang bisa dilakukan. Saya ingin bisa menemukan obat untuk penyakit penting, khususnya kanker, karena ini masih merupakan penyakit yang paling mematikan.” imbuh Scots College.

Tak hanya berbakat dalam bidang Matematika dan Sains, Jonah juga menekuni bidang menulis. Bahkan, Jonah juga piawai bermain alat musik perkusi, serta di bidang olahraga sepak bola dan basket. (nha)