Kini, ada cara efektif untuk menjaga organ penting seperti jantung agar tetap sehat. Perbanyak minum susu diklaim dapat menjadikan jantung Anda sehat.

Terkait hal ini, sebuah studi terbaru mengatakan bahwa minum segelas susu setiap hari bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini dikemukakan oleh para peneliti dalam The 12th Euro Fed Lipid Congress. Ia menyebut bahwa ada keterkaitan antara konsumsi susu dan risiko penyakit kardiovaskular.

“Meta-analisis menunjukkan bahwa ada hubungan antara konsumsi sejumlah gelas susu sehari dan insiden lebih rendah dari hipertensi dan risiko serangan jantung,” jelas Dr Sabita S. Soedamah-Muthu dari Universitas Wageningen di Belanda, seperti dilansir HealthDetik, Selasa (14/10/2014).

Dalam studi tersebut, peneliti mengadakan penelitian untuk membuktikan kebenarannya. Para peneliti melibatkan sebanyak 57.256 responden dan 15.367 kasus hipertensi. Studi ini pun dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition.

Untuk kondisi tersebut, meta analisis mengungkapkan bahwa mengonsumsi susu secara rutin, khususnya produk susu rendah lemak bisa turunkan risiko tekanan darah tinggi.

Tak hanya itu saja, para peneliti juga memaparkan data mengenai dampak dari konsumsi produk susu terhadap faktor-faktor risiko penyakit kronis seperti kolesterol, akumulasi lemak tubuh dan berat badan. “Akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai efek positif konsumsi rutin susu terhadap kesehatan masyarakat,” imbuh para peneliti.

Selain menurunkan risiko jantung, meminum susu juga memberi dampak positif lain seperti membuat tulang menjadi kuat, mencegah osteoporosis, menetralisir racun di dalam tubuh, mempercantik kulit agar terlihat lebih putih, mulus dan halus, mencegah terjadinya kanker usus, dan membuat tidur lebih nyenyak.

Saat ini, varian susu tersedia dalam beberapa jenis yakni susu sapi, susu kental manis, susu bubuk dan lain sebagainya. Jadi, tunggu apalagi. Sayangi jantung Anda dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat seperti susu. (nha)