Bibir pecah-pecah seringkali membuat penampilan menjadi kurang menarik. Terlebih lagi, bibir pecah-pecah membuat bibir terasa kering dan sakit. Sebagian wanita tidak percaya diri ketika bibirnya kering, maka dari itu banyak wanita yang menggunakan lupstik atau lipbalm untuk menyamarkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Lantas bagaimana cara mengatasinya dengan mudah dan aman?

Dikutip dari solopos.com (Rabu, 15/10/2014), berikut ini lima langkah mudah mengatasi bibir pecah-pecah agar tak merusak penampilan.

1. Minum Air Putih

Salah satu penyebab dari bibir yang pecah-pecah adalah dehidrasi yang menyebabkan mulut menjadi kering. Untuk mencegah dehidrasi disarankan untuk banyak minum air putih atau air yang mengandung oksigen. Air putih sangat baik untuk kesehatan dibanding air bersoda.

2. Oleskan Madu

BIbir pecah-pecah bisa diatasi dengan emngoleskan madu pada bibir. Madu membantu melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Oleskan madu secara teratur hingga bibir tidak kering.

3. Jangan Menjilat Bibir

Masalah dari bibir kering dan pecah-pecah adalah selalu ingin menjilatinya. Ini merupakan kebiasaan yang salah. Menjilati bibir akan membuatnya tambah kering. Hindari kebiasaan menjilati bibir yang kering. Selain itu jangan pula mencabuti kulit kering di bibir karena akan menimbulkan infeksi dan berdarah.

4. Memakai Lipbalm

Ketika bibir kering, memakai lipbalm merupakan langkah yang tepat. Pilih lipbalm yang memiliki kandungan menyembuhkan dan melembabkan bibir. Jangan pilih lipbalm yang justru mengeringkan.

5. Scrub Bibir

Untuk mengelupas kulit mati yang ada pada bibir bisa coba menggunakan scrub untuk bibir. Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda hanya perlu membuat campuran madu dengan gula untuk mengangkat sel kulit mati dan melembabkan bibir. Cara ini lebih aman dan tidak sakit dibanding melepas kulit kering bibir dengan menggunakan tangan.(dea)