Meski bukan berasal dari Indonesia, burger merupakan makanan yang cukup digemari karena penyajiannya yang mudah dan menyenangkan. Burger juga mudah ditemukan di banyak restoran-restoran cepat saji.

Kepopuleran roti berisi patty atau daging giling tersebut membuat sejumlah hotel-hotel ternama di Solo menyajikan menu buger istimewa yakni burger berukuran raksasa atau monster burger dengan diameter roti sepanjang 18-20 sentimeter.

Dikutip dari solopos.com (Selasa, 14/10/2014), Hotel Novotel dan Ibis Solo menghadirkan menu burger dengan diameter 20 cm dan tinggi hingga 17 cm. Berat dari burger itu pun terbilang tidak biasa, satu burger bisa mencapai berat 1,8 kilogram.

Komposisi dari monster burger ini adalah beef paties, paprika, onion, selada, gerkin, telur, dan keju. Kemudian disajikan bersama dengan kentang goreng yang gurih.

Pihak hotel pun mengadakan promo yang unik. Troy Aryo sang Marketing Communication dari Hotel Novotel mengatakan, pengunjung bisa mendapatkan burger raksasa ini secara gratis asal bisa makan dalam waktu 20 menit.

Tapi jika tidak bisa menghabiskan dalam waktu yang telah ditentukan, maka pengunjung harus membayarnya dengan harga normal sebesar Rp 125.000.

Selain, Hotel Novotel. resto Double Decker yang terletak di Jl. Ir. Soekarno, Solo, juga menyediakan burger dengan diameter 15 cm.

Muhammad Rofik Riza, chef dari Double Decker mengatakan, pembuatan burger ini sama seperti pada burger umumnya. Hanya saja, menggunakan patty yang berbeda dengan perbandingan daging dan lemak 50:50.

Harga burger jumbo yang ditawarkan Double Decker adalah Rp 88.000 per porsi. â??Kalau hargamember bisa lebih murah lagi, yakni Rp57.000,” kata Rofik.

Restoran ini sehari-harinya bisa melayani 50 porsi burger. Namun jika weekend, Double Decker bisa melayani hingga 100 porsi burger. Menu andalan lain yang tersedia di Double Decker antara lain, steak, ribs, dan pizza.(dea)