Sebuah fakta yang sangat mencengangkan saat ini terjadi di sebagian besar kehidupan manusia. Setiap orang memang ingin meraih kesuksesan tapi sayangnya gaya hidup yang mereka jalani cenderung menjadi kendala berat untuk meraih impiannya. Sebagian besar masyarakat di tanah air justru melakukan gaya hidup yang mewah.

Tidak bisa dipungkiri jika faktanya saat ini banyak kalangan masyarakat yang justru menjalani gaya hidup yang konsumtif dalam kehidupan mereka, alasannya pun cukup beragam tapi intinya gaya hidup yang konsumtif mereka lakukan untuk meraih kebahagiaan.

Jika Anda ingin sukses maka sebaiknya Anda mengubah gaya hidup konsumtif karena pola hidup seperti itu tidak akan memberikan dampak yang positif dalam keuangan Anda. Keinginan untuk membeli benda atau barang yang sebenarnya sama sekali tidak Anda butuhkan hanya akan menggiring Anda terjebak dalam prestise yang sementara dan saat itu hilang Anda hanya akan berhadapan dengan kehancuran.

Dilansir dari Segi Empat, Kamis (16/10/2014), berikut adalah tips untuk mengubah gaya hidup konsumtif.

1. Menabung

Menabung merupakan cara yang sangat efektif untuk mengubah gaya hidup seperti ini. Pasalnya pola hidup konsumtif itu sebenarnya bermula dari kebiasaan Anda jadi sebaiknya mulai sekarang Anda berhenti dan mengubah kebiasaan Anda. Saat Anda mendapat pemasukan maka jangan jadikan pemasukan tersebut sebagai alat pemuas kebutuhan Anda tapi ubah menjadi barang yang sangat penting dalam hidup Anda yang harus tetap Anda simpan.

2. Buat Target Anggaran

Salah satu trik yang ampuh untuk mengubah kebiasaan seperti ini adalah dengan membuat target anggaran belanja bulanan Anda. Setelah menerima pemasukan maka Anda buatlah sebuah rencana untuk membeli kebutuhan bulanan Anda dan saat berbelanja sebaiknya Anda membuat sebuah daftar belanjaan Anda.

Cukup mudah bukan untuk mengubah gaya hidup konsumtif Anda? Jika Anda memiliki kemauan kuat, maka dua hal di atas akan menjadi sesuatu yang ringan dan mudah dijalani. (tom)