Fenomena transgender kini banyak diperbincangkan. Isu transgender makin meruak setelah terjadi kasus pembunuhan Mayang yang dilakukan suaminya di Australia. Mayang sebenarnya adalah seorang pria sejati sebelum dirinya merubah penampilan dan alat kelaminnya menjadi seorang wanita.

Lantas apa definisi transgender sebenarnya? Transgender adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan orang yang melakukan, merasa, berpikir alat kelaminnya tidak sesuai dengan pribadinya.

Seseorang yang transgender merasa dirinya tterjebak di dalam tubuh yang salah Perempuan merasa dirinya pria, dan begitu juga sebaliknya. Mereka merasa bingung dengan dirinya sendiri. Untuk memperbaiki dirinya, mereka pun melakukan operasi ganti kelamin.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjadi transgender. Penyebabnya antara lain bisa dari faktor lingkungan, ekonomi genetik ataupun keluarga. Dikutip dari detik.com (Kamis,16/10/2014), orang yang transgender tidak puas hanya dengan merubah penampilan. Maka dari itu, mereka sampai melakukan terapi hormon dan ganti alat kelamin. Transphobia.org.uk melaporkan kondisi seorang transgender yang demikian disebut transeksual.

Sedangkan dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), seorang yang lahir dalam kondisi yang normal dan sempurna dilengkapi dengan organ kelaminnya yaitu penis (dzakar) bagi adamdan vagina (farj) bagi pkaum hawa yang dilengkapi dengan rahim dan ovarium sangat diharamkan atau tidak dibolehkan sama sekali.

Transgender Dialami Artis

Selain Mayang, orang Indonesia lainnya yang menjadi transgender adalah Renaldy. Mantan artis cilik itu kini berubah menjadi seorang wanita berparas cantik. Ia berani menujukkan dirinya di hadapan publik dengan penampilan barunya.

Renaldy yang kini berubah nama jadi Dena Rachman ini mengaku telah mengalami perasaan transgender sejak kecil. Namun Ia baru berani mengekspresikan keinginannya tersebut pada saat remaja. Beruntung, Dena tidak mengalami olok-olok dari orang sekitarnya dan banyak yang mendukung tindakannya tersebut.(dea)