Kini, selfie menjadi trend yang tengah booming di semua kalangan. Boleh-boleh saja berselfie, namun sebaiknya Anda harus berpikir secara matang sebelum melakukan foto dengan orang lain.

Pasalnya, berfoto selfie ditengarai bisa menularkan penyakit kutu rambut yang dapat berpindah dari satu kepala ke kepala lainnya. Hal ini diungkapkan oleh Marcy McQuillan dari perusahaan pembasmi kutu, Nitless Noggins.

“Saya telah melihat peningkatan kutu pada kaum remaja tahun ini. Umumnya yang saya obati adalah anak muda karena mereka beresiko leboh besar melakukan kontak antar kepala. Namun kini, para remaja menempelkan kepalanya setiap hari untuk sekedar mengambil foto melalui handphone,” urainya, seperti dilansir DailyMail, Jumat (17/10/2014)

Perpindahan kutu rambut dari kepala orang lain menuju kepala diri sendiri lantaranya terjadinya kontak fisik. Kondisi ini pun harus diperhatikan secara seksama.  â??Kutu menyebar melalui kontak dari kepala ke kepala. Kutu tidak melompat atau terbang, sehingga kutu hanya bisa berpindah saat kepala mereka yang berkutu menyentuh kepala Anda,â? imbuhnya

Kendati demikian, bukan berarti Anda selalu mencurigai orang lain memiliki kutu pada rambutnya. “Memang masuk akal. Sebab untuk mendapatkan kutu, memang harus saling kontak langsung, seperti menggunakan handuk yang sama, berbagi satu headphone yang sama, menggunakan pengeriting rambut orang lain, berbagi topi, sweater dan syal,” jelas Vanesa Mor dari Oakland Lice Control.

Para peneliti lain berspekulasi bahwa tak menutup kemungkinan jika berselfie dengan orang lain menjadi sarana kutu rambut untuk berpindah tempat.

“Semua kemungkinan itu bukan penyebab epidemi tapi bukan tidak mungkin hal itu terjadi. Sebab, seseorang bisa tertular kutu ketika ada orang lain yang meletakkan kepala di sampingnya tapi kemungkinan itu tidak tinggi,” kata co-founder Lice Treatment Centerâ??s, Liz Solovay.

Agar kutu rambut tak bersarang di kepala Anda, sebaiknya saat selfie Anda mengikat rambut secara rapi dan menjaga jarak kepala dengan orang lain selama mengambil foto selfie. (nha)