Gresik selain dikenal sebagai kota penghasil semen di Jawa Timur, dikenal pula dengan variasi kulinernya yang khas. Dilansir dari Liputan6, Minggu (19/10/2014), berikut adalah beberapa kuliner khas Gresik yang bisa Anda cicipi.

1. Nasi Krawu

Nasi krawu
Nasi krawu

Sudah dapat ditebak dari namanya, makanan ini berbahan dasar nasi. Perbedaan dengan nasi lainnya terletak pada cara penyajian dan lauk di atas nasi. Nasi pulen disajikan dengan daun pisang dan lauknya dapat berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal terasi, dan serundeng.

2. Es Siwalan

Es siwalan
Es siwalan

Es ini bisa dibuat menjadi es dawet atau es kolak. Bahan dasarnya adalah buah Siwalan. Es dawet siwalan berisi potongan buah siwalan segar, dawet, santan, dan gula merah yang dicairkan. Sementara itu, es kolak siwalan berisi potongan buah siwalan segar pastinya ditambah dengan santan kelapa dan irisan pisang raja. Rasa manis dan legit kedua es tersebut bisa menyegarkan tubuh kembali.

3. Otak-otak Bandeng

Otak-otak bandeng
Otak-otak bandeng

Makanan khas yang satu ini bisa menjadi buah tangan saat berkunjung ke Gresik. Otak-otak ini berbahan dasar ikan bandeng. Makanan ini bisa dibawa pulang dengan harga sekitar Rp 50 ribu sampai 100 ribu dan sudah dibungkus rapi nan cantik untuk bisa dibagikan ke kerabat.

4. Jenang Jubung

Jenang jubung
Jenang jubung

Jenang Jubung juga bisa menjadi salah satu alternatif oleh-oleh dari Gresik. Makanan ini terbuat dari ketan hitam yang dibungkus dengan jubung atau daun pohon pinang. Adonan di dalam Jubung dibuat dari campuran ketan hitam, ketan putih, santan kelapa dan gula. Taburan wijen di atas dan telur ayam membuat rasa Jubung semakin nikmat dan berbeda dengan jenang lainnya.

Di antara keempat kuliner tersebut, mana yang ingin Anda cicipi? (tom)