Fakta Menakjubkan yang Mereka Katakan tentang Indonesia

Beberapa waktu lalu, saya iseng menjelajahi internet untuk mencari beberapa hal terkait inovasi teknologi informasi terkini. Biasanya saya menggunakan google untuk mencari beberapa pertanyaan yang ada di benak saya. Pada saat hasil pencarian ditampilkan, saya mendapati satu situs yahoo yang sudah lama tidak saya lihat yaitu Yahoo! Answers.

Melalui Yahoo! Answers ini kemudian saya mencari beberapa hal sekaligus mempelajari cara kerjanya, yang mungkin telah diperbaharui dan dikemangkan setelah sekian lama tidak mengunjunginya. Setelah puas dengan apa yang saya inginkan, kemudian saya iseng memasukan beberapa kata kunci lain. Kebetulan kata kunci terakhir yang saya masukan adalah all the amazing facts about Indonesia. Dari seluruh hasil pencarian, saya temukan satu pertanyaan yang relevan yaitu Can you give me all the amazing facts about Indonesia yang ditanyakan seorang user bernama Asker PhD. Pertanyaan itu dijawab oleh 17 user yahoo dan diposting lima tahun yang lalu (2006). Saya tidak tahu secara pasti asal ke 17 user tersebut, namun yang pasti ada yang berasal dari Indonesia dan mereka semua menjawab dalam bahasa inggris.

Cukup beragam jawabanya, ada yang asal, ada yang serius, menggelikan dan cukup membuat saya terperanjat. Perlu diketahui bahwa setiap jawaban dapat diberikan rating untuk menandakan kepuasan user terhadap jawaban yang diberikan. Dan jawaban yang melanggar ketentuan dapat dihapus apabila dilaporkan oleh user yang lain. Dari 17 jawaban, hanya empat jawaban yang dirating oleh user. Dua diantaranya 25%, masing-masing divote oleh 1 user. Dan satu jawaban 50%, divote oleh 2 user. User dengan ratting 50% ini ditandai sebagai Best Answer – Chosen by Voters.

Walaupun terdapat orang Indonesia, saya berasumsi bahwa sebagian besar dari ke 17 user tersebut adalah orang asing (non Indonesia). Untuk mengetahui apa yang ada dibenak mereka (orang asing) tentang fakta yang menakjubkan mengenai indonensia, dalam bagian pertama saya akan sajikan jawaban dari user yang diidentifikasi sebagai user non Indonesia (diluar user dengan jawaban terbaik)

  1. Mereka membakar pohon tanpa mempertimbangkan masalah lingkungan. Untuk alasan egois mereka sendiri, perbuatanya menyebabkan masalah kesehatan dan polusi udara untuk negara-negara tetangga mereka.
  2. Bali mungkin menjadi tempat yang luar biasa. Saya berharap suatu saat saya akan pergi ke sana
  3. Negara yang memiliki ribuan pulau
  4. Negara berpenduduk agama Muslim terbesar di dunia
  5. Salah satu negara Muslim terpadat di dunia.
  6. Memiliki keanekaragaman hayati yang menakjubkan
  7. Memiliki separuh lebih dari pulau yang paling menakjubkan di dunia – Kalimantan.
  8. Sebuah negara cantik dengan ragam budaya dan alam
  9. Tinggal di sana selama dua tahun. Fakta menakjubkan tentang Indonesia adalah bahwa mereka penggemar sepak bola. Dan akan membunuh satu sama lain di tengah jalan (mungkin yang dimaksud supporter sepak bola seperti bonek), bahkan sempat melempari mobil saya dengan batu yang besar.
  10. Saya pernah lihat sebuah pernikahan kecil yang dihadiri oleh 500 tamu undangan. Saya tidak dapat membayakan 100 pernikahan besar yang dihadiri masing-masing oleh 1000 undangan. Pasti kota itu akan penuh sesak dengan orang banyak.

Diantara user dari Indonesia yang memposting jawaban yang unik adalah user yang bernama Andrew. Berikut ini sebagian dari petikan jawabanya yang ia tulis dalam bahasa inggris, Hi, aku orag Indonesia, aku dari Medan, Sumatera Utara. Ibukota Sumatera Utara adalah Medan, kota ketiga terbesar di negara ini. Dan merupakan satu-satunya kota Metropolitan di Sumatera. Medan terkenal dengan makanannya, terutama buah seperti Durian, Marquisa, Terong Belanda (Terong). Di Medan, Anda dapat menemukan kendaraan tradisional yang disebut becak. Di akhir jawaban dia berikan sebuah catatan,

Orang Sumatera Utara juga terkenal dalam keterampilan mengemudi, mereka terlihat cukup kasar dan anda akan mendengar suara kelakson mobil dimana-mana. Namun begitu, mereka cukup baik didalam berbicara tetapi tidak sabar didalam mengemudi

Untuk jawaban terbaik dengan vote 50% namun membuat saya mengerutkan dahi, dijawab oleh seorang user yang bernama Papilio Paris. Jawabanya tentang fakta menakjubkan dari Indonesia adalah :

  1. Banjir lumpur di Sidoarjo
  2. Pembakaran Hutan
  3. Jumlah pencuri
  4. Para pencopet
  5. Sampah di mana-mana
  6. Sebuah negara undicipline
  7. Korupsi

Walaupun jawaban-jawaban diatas merupakan buah pikir dari 17 user yang tidak seberapa. Namun setidaknya memberikan masukan bagi kita semua, tentang apa yang dipikirkan oleh orang tentang Negara kita. Anda sendiri ? Apa yang anda tahu tentang fakta yang menakjubkan dari Indonesia ?

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Pulau Pasang Surut Terkenal di Seluruh Dunia

Shambala (Shangri-la) Tempat Misterius Nan Indah