Jika berkunjung ke suatu daerah, kurang lengkap rasanya jika tak membawa oleh-oleh. Ya, oleh-oleh bisa dibawa pulang untuk keluarga, sanak saudara maupun para sahabat.

Oleh-oleh biasa disebut dengan cindera mata. Cindera mata dapat ditemukan di sebuah pusat perbelanjaan seperti mall, maupun pasar tradisional. Kali ini, JadiBerita akan mengulas berbagai wisata belanja yang terdapat di kota Yogyakarta.

Tak hanya memiliki objek wisata bersejarah, kota Yogyakarta ini pun mempunyai sejumlah wisata belanja yang sayang untuk dilewatkan. Di sini, wisatawan bisa puas berbelanja oleh-oleh seperti pernak-pernik.

Wisata belanja pertama yang akan diulas adalah Malioboro. Sesungguhnya ini adalah nama salah satu jalan dari tiga jalan di Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Di sini, para turis dapat menemukan beragam kerajinan khas jogja yang dijajakan oleh pedagang. Selain cindera mata, wisatawan juga bisa menyantap makanan khas Yogya yakni Gudeg.

Berikutnya adalah Coklat Monggo. Ini adalah sebuah toko yang menjual aneka camilan manis yakni coklat. Wisata belanja Coklat Monggo memiliki menu andalan yakni coklat jenis Ginger (jahe) dan Dates & Cashew (kurma & kacang mete). Tempat ini berlokasi Jl. Dalem KG III/978 RT 043/RW 010, Kel. Purbayan Kotagede 55173, Yogyakarta.

Kemudian, ada pula wisata belanja bernama Pasar Seni Gabusan. Pusat perbelanjaan ini terletak Jl. Parangtritis Km. 9,5 Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Di sini, wisatawan dapat menemui barang-barang kerajinan dari seluruh pelosok Kabupaten Bantul. Barang-barang yang dijajakan di sini terdiri dari bahan baku kulit, kayu, logam, tanah, hingga tanaman eceng gondok.

Selain ketiga tempat di atas, masih ada lagi lokasi pusat perbelanjaan menarik di sini. Berikut adalah daftar lengkap 10 wisata belanja yang terletak di kota Yogyakarta.

1. Jalan Malioboro

2. Coklat Monggo

3. Pasar Seni Gabusan

4. Pasar Beringharjo

5. Kerajinan Perak di Kota Gede

6. Amplaz

7. Mal Maliobor

8. Gerabah Kasongan

9. Tas Rajut Dosa

10. Pasar Klithikan Pakuncen

(nha)