Gunung Rinjani terkenal akan pemandangan alamnya yang menyilaukan mata. Bagi para pendaki gunung, Rinjani adalah salah satu gunung yang wajib dijelajahi. Gunung yang terletak di Lombok ini memiliki sejuta keindahan yang tersembunyi di dalamnya.

Jika Anda melewati jalur utara selama pendakian, Anda akan menemukan dua air terjun yang sangat cantik yakni air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep.

Dikutip dari viva.co.id (Rabu, 22/10/2014), air terjun ini bertempat di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Air terjun ini bersembunyi di antara hutan dan perbukitan.

Perjalanan memakan waktu selama 1 jam dari Kecamatan Tanjung Lombok Utara. Sesampainya di loket masuk hutan anda diharuskan membayar biaya masuk yang hanya Rp 5.000 per orang. Menuju lokasi air terjun pertama, pengunjung harus menaiki 482 anak tangga dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Tetapi sesampainya di air terjun, kelelahan Anda selama menaiki tangga akan terbayarkan. Hawanya sejuk dengan cipratan air terjun yang dingin membuat mood menjadi tenang.Air terjun Sendang Gile memiliki ketinggian mencapai 42 meter. Anda harus mencoba merasakan mandi di bawah aliran air terjun karena dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit seperti rematik, asam urat, dan melancarkan aliran darah.

Di sekitar air terjun pun sudah terdapat berbagai fasilitas untuk memnuhi kebutuhan pengunjung seperti toilet, mushola, dan pedagang makanan.

Setelah puas bermain di air terjun Sendang Gile, selanjutnya Anda bisa melanjutkan perjalanan ke lokasi air terjun yang kedua yakni Tie Kelep. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 52 meter. Namun untuk menuju ke air terjun yang satu ini Anda perlu perjuangan ekstra. Pasalnya, Anda harus menelusuri lebatnya hutan, menyeberang jembatan yang hanya memiliki lebar 1 meter dan ketinggian 20 meter dari atas permukaan sungai.

Namun setelah sampai