Panggung hiburan memang menghadirkan beberapa fenomena sosial di masyarakat. Salah satu fenomena yang hingga kini makin marak di Indonesia adalah LGBT (Lesbian, Gay, Bisex, dan Transgender). Dilansir dari Merdeka, Kamis (23/10/2014), berikut adalah 5 artis pria yang berubah jadi wanita.

1. Tata Liem

Tata Liem
Tata Liem

Tata Liem adalah seorang aktor sekaligus penyanyi yang cukup tenar di Indonesia. Pria kelahiran Medan 27 Februari 1976 ini mengawali karirnya di dunia hiburan menjadi model video klip. Kini, Tata Liem telah memilih jalan hidupnya sebagai seorang wanita. Hal ini dengan terang-terangan diungkapkan pada media pada awal tahun 2013 lalu. Dia mengaku saat dilahirkan berkulit putih dan wajah cantik. Sehingga ibunya senang mendandani seperti anak perempuan.

2. Dorce Gamalama

Dorce Gamalama
Dorce Gamalama

Dorce Gamalama terlahir dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi di Solok, Sumatra Barat, 21 Juli 1963. Dorce telah berkecimpung dalam profesinya sebagai komedian, pembawa acara, aktris dan musisi. Di usia remaja, dirinya juga mulai menyadari kecenderungan tertarik pada pria. Hal ini juga dimanfaatkannya dengan penampilannya yang berdandan ala perempuan selama di atas panggung. Saat itulah, dirinya mendapatkan nama panggilan Dorce Ashadi dari Myrna pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls.

3. Dena Rachman

Dena Rachman dan Renaldy Rachman
Dena Rachman dan Renaldy Rachman

Dena Rachman sebenarnya terlahir sebagai laki-laki, dan sempat terkenal sebagai penyanyi cilik bernama Renaldy Rachman. Dia mulai menunjukkan perilakunya sebagai wanita sejak duduk di bangku SMP. Hingga akhirnya dia berani berterus terang kepada orang tuanya bahwa dia ingin menjadi wanita. Kala itu orang tua Renaldy tak terima dan kabarnya sampai mengusirnya dari rumah. Namun setelah melakukan perdebatan panjang, akhirnya dengan berat hati orang tua Renaldy mengizinkan untuk mengubah penampilannya menjadi wanita.

4. Julia Robex

Julia Robex
Julia Robex

Julia Robex, yang terlahir dengan nama Baby Wijaya Nasroen pada tanggal 21 Agustus 1985 ini awalnya merupakan seorang laki-laki. Dirinya mengaku jika sifat feminim sudah ada dalam dirinya. Kemudian setelah lulus kuliah, dia memutuskan untuk operasi kelamin menjadi seorang wanita.

5. Oscar Lawalata

Oscar Lawalata
Oscar Lawalata

Oscar Lawalata atau Oscar Septianus lawalata, adalah seorang perancang busana kondang. Pria yang lahir pada 1 September 1977 ini sudah banyak malang melintang di dunia fashion tanah air dan mancanegara. Kakak kandung dari artis Mario Lawalata ini dikenal masyarakat karena dandanannya yang cantik seperti wanita. Oscar pun lihai memilih pakaian serta aksesori feminin, yang tampak cantik membalut tubuh rampingnya. (tom)