Ketika berkunjung ke negeri Sakura tentu tidak mudah menemukan makanan berlabel halal karena mayoritas penduduknya yang sebagian besar adalah non muslim. Bagi muslim traveller tentu mau tidak mau harus mencari makanan yang halal walaupun mencarinya susah.

Tapi tiga kuliner ini halal untuk di makan oleh siapa saja. Bahkan ketiga makanan ini sudah menjamur di Indonesia. Dikutip dari detik.com (Minggu, 26/10/2014), berikut ini makanan halal yang lezat yang bisa Anda cicipi ketika berada di Jepang.

1. Takoyaki

Kuliner yang satu ini merupakan makanan ringan namun mengenyangkan ini patut Anda coba di Jepang. Kuliner yang memiliki bentuk bulat kecil-kecil ini berisikan gurita yang telah dipotong dan dicampur telur puyuh serta tepung. Cara memasaknya dengan dipanggang atau dibakar. Harganya pun lumayan murah. Satu kotak takoyaki biasanya dihargai sebesar 200 hingga 400 yen.

Jika ingin mencicipi takoyaki lezat, Anda bisa datang ke Nishiki Market. Takoyaki disini terkenal dengan potongan guritanya yang banyak. Di Indonesia sendiri restoran bertema Jepang tak ketinggalan menyajikan takoyaki dalam menu mereka.

2. Sushi

Siapa yang tak kenal dengan kuliner yang satu ini? Kepopuleran sushi sudah mendunia bahkan jadi favorit para artis papan atas. Sushi terbuat dari nasi yang dibentuk yang dicampur dengan ikan segar, daging atau sayuran yang halal.

Walaupun bentuknya kecil, tapi sushi bisa diandalkan untuk mengenyangkan perut. Sushi memiliki rasa yang agak masam karena dicampur cuka. Anda bisa mampir ke Restoran Musashi di daerah Jalan Kawaramachi, Kota Kyoto untuk menikmati sushi dengan harga terjangkau.

3. Nasi Kari

Nasi kari, kuliner gurih khas Jepang ini berbeda dengan nasi kari yang ada di Indonesia. Kuahnya kental dan bisa memilih sendiri lauk yang diinginkan seperti daging, cumi, ayam, atau udang. Seporsi nasi kari dihargai sekitar 800 yen.(dea)