Liburan ke pulau wisata manakah yang biayanya paling terjangkau di Asia Tenggara? Jawabannya ada di Indonesia. Tepatnya di pulau Gili Trawangan dan Bali.

Dilansir dari Liputan6, Minggu (26/10/2014), dalam survei yang diadakan oleh situs perjalanan TripAdvisor melalui TripIndex, Gili Trawangan menawarkan nilai terbaik untuk wisatawan Indonesia tahun ini untuk liburan ke pulau.

Untuk wisata sehari dan menginap semalam untuk wisatawan Indonesia adalah Gili Trawangan dengan biaya total TripIndex sebesar Rp. 2,677,194, sementara ke pulau lainnya, yaitu pulau di Singapura dan Malaysia memakan biaya dua hingga tiga kali lipat.

Selain Gili Trawangan, hasil survei tersebut juga menunjukkan bahwa berlibur ke Bali dan Lombok juga bisa menghemat banyak biaya. Total TripIndex menghitung bahwa biaya ke pulau ini masing-masing sebesar Rp.3,086,446 dan Rp. 3,313,408.

Gili Trawangan dan Bali juga dikenali sebagai beberapa dari 10 pulau teratas di Asia, dengan peringkat masing-masing ke-5 dan ke-2 dalam Travellersâ?? Choice Islands Awards 2014. Pantai Nusa Dua, Bali juga menempati urutan 13 dalam Travellersâ?? Choice Beaches Awards 2014.

Biaya di atas itu dihitung dari beberapa rincian, seperti: Akomodasi satu malam untuk dua orang di hotel bintang empat, makan malam untuk dua orang (makan dua hidangan dan air kelapa), bir untuk dua orang, sewa sepeda untuk dua orang selama 8 jam atau satu hari penuh, pijat satu jam untuk dua orang di spa hotel bintang 4, serta sewa sewa kayak selama 1 jam (atau sama dengan naik banana boat).

Jadi, jika ingin berwisata, untuk apa jauh-jauh ke luar negeri? Lebih baik berwisata di negeri sendiri. Selain biayanya lebih murah, ternyata masih banyak lokasi wisata di Indonesia yang belum kita kunjungi. (tom)