Stres di jaman modern seperti sekarang ini telah menjadi momok menakutkan bagi banyak kalangan. Stres tidak hanya terjadi karena masalah pekerjaan, tapi masih banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya. Namun, apapun itu stres merupakan masalah yang harus segera di hilangkan, pasalnya jika tidak dihilangkan maka gangguan kejiwaan tersebut bisa menjadi pemicu munculnya masalah kesehatan lainnya.

Menghilangkan stres merupakan hal yang sangat penting tapi sayangnya kadang ada kalanya kita justru kesulitan untuk menemukan waktu yang lebih nyaman untuk menghilangkannya. Namun jangan khawatir, karena berikut ini ada tips untuk menghilangkan stres dengan cepat, seperti dilansir dari Segi Empat, Senin (27/10/2014).

1. Pijat dengan Teratur

Pijat merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan stres di kepala. Bahkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh salah satu institusi independen menemukan fakta bahwa pijat secara teratur setidaknya dua kali dalam satu minggu mampu membuat stres hilang lebih cepat. Hasil penelitian lainnya menemukan fakta bahwa dipijat bisa menghilangkan ketegangan pada sistem syaraf manusia.

2. Ungkapkan Stres Anda

Ada kalanya stres yang dialami semakin lama semakin menumpuk, dalam kondisi seperti ini stres cenderung lebih sulit untuk di hilangkan. Hal ini pula yang membuat salah seorang peneliti melakukan research tentang perasaan yang dialami saat seseorang sedang stres, faktanya kebanyakan orang cenderung berusaha untuk menekan perasaan mereka. Hal ini memang cukup baik untuk menghilangkannya, namun peneliti tersebut menyarankan agar Anda lebih cenderung mengungkapkan stres ketimbang menekannya. Mengungkapkan perasaan Anda pun tidak harus Anda lakukan dengan berbicara pada seorang teman, tapi Anda juga bisa menuliskannya.

3. Konsumsi Teh Hitam

Teh merupakan minuman yang mengandung antioksidan yang sangat baik untuk membuat seseorang rileks. Cara ini juga bisa Anda lakukan untuk menghilangkan tekanan yang berpotensi menyebabkan stres. Bahkan dari hasil penelitian dari salah satu universitas di London, Inggris menemukan fakta bahwa teh hitam bisa cepat menghilangkan ketegangan sistem syaraf dan menekan hormone cortison sehingga stres bisa reda dengan cepat. Salah seorang professor juga mengatakan bahwa jika Anda memiliki pola hidup yang akrab dengan ketegangan sebaiknya Anda mengkonsumsi teh hitam setidaknya empat cangkir dalam satu hari. Untuk jangka panjang disarankan agar melakukannya selama enam minggu berturut-turut. (tom)