Grup band yang menggabungkan aliran rock, hip hop, dan punk ini memang sudah lama vakum di panggung musik. Bahkan, Pas Band diketahui cukup lama tidak merilis album baru. Album baru Pas Band terakhir diluncurkan pada tahun 2008 bertajuk Romantic… Lies… and Bleeding.

Sang vokalis Yukie mengaku saat ini grup bandnya enggan merilis album baru lantaran mereka harus merogoh dana fantastis. Itulah sebabnya, Yukie dan kawan-kawan masih belum kepikiran untuk menggarap karya baru. “Kita belum punya tenaga, belum punya modal buat bikin album baru,” papar Yukie, ketika ditemui di Bandung, Jawa Barat, seperti dilansir Okezone, Selasa (28/10/2014).

Pasca lepas dari major laber, kini Pas Band kembali ke indie label. Yukie mengaku, faktor keuangan menjadi tolak ukur dalam membuat album. Belum lagi ditambah biaya promosi, dan kebutuhan lainnya.

“Minimal harus ada Rp200 juta untuk bikin album. Dan itu ibarat kita ngebuang uang untuk promosi,” tandas Yukie.

Menurut Yukie, saat ini merilis album baru semata-mata hanya digunakan sebagai ajang eksistensi saja. “Bikin album sekarang kan kayak buang duit, beda sama zaman dulu yang bisa diandalkan untuk pemasukan. Sekarang bikin album tuh kayak buat eksistensi saja,” tutup Yukie.

Meski belum memiliki karya baru, Yukie menegaskan bahwa Pas Band masih eksis di belantika musik Indonesia. Bahkan, grup band ini tetap kebagian job manggung di berbagai daerah, termasuk luar negeri. “Jadi ngapain bikin album, enggak bikin album kita juga tetap keliling (manggung),” ungkapnya

Lebih lanjut Yukie menuturkan, apabila suatu saat Pas Band sudah sepi dari order manggung, maka itu tandanya mereka harus merilis album baru. “Nanti kalau sudah sepi (manggung), bikin album lagi,” tutur Yukie seraya tertawa.

(nha)