Narkoba memang membuat penggunanya menjadi lupa akan segalanya. Tak hanya itu, barang haram itu juga menjadikan penggunanya tak bisa membedakan mana perbuatan baik dan buruk.

Hal ini juga dialami oleh para pelawak di Indonesia. Dibalik tingkah lakunya yang menghadirkan gelak tawa, ternyata pelawak-pelawak ini pernah tersandung kasus narkoba. Lantas siapa saja mereka? Seperti dilansir Detik, Rabu (29/10/2014), inilah 5 pelawak Indonesia yang pernah tersere kasus narkoba.

1. Polo

Polo
Polo

Pelawak bernama lengkap Christian Barata Nugraha ini sempat terseret kasus Narkoba pada tahun 2000 silam. Kala itu, pria yang dikenal dengan nama Polo ini kedapatan membawa 0,5 gram sabu-sabu. Alhasil, Polo harus mendekam di penjara selama tujuh bulan, dipotong masa tahanan dan denda Rp 1 juta.

Seolah tak kapok akan kelakuan buruknya, Polo kembali ditangkap aparat Polsek Kramat Jati di Vila Citra pada 2 Juni 2004 atas kasus serupa. Polo diketahui membawa satu paket sabu-sabu seberat 0,6 gram. Akhirnya, ia dijebloskan ke penjara selama 1,5 tahun. Namun, tak sampai setahun, Polo resmi bebas pada 20 Mei 2005.

2. Doyok

Doyok
Doyok

Selanjutnya, pelawak bernama Doyok juga tersandung kasus Narkoba. Doyok ditangkap polisi lantaran ia mengkonsumsi barang haram tersebut. Alhasil, pria bernama asli Sudarmadji itu harus merasakan dinginnya jeruji besi pada tahun 2000 silam. Sejak saat itu, Doyok merasa jera dan meninggalkan narkoba

“Saya kasihan sama keluarga saya, mereka harus menanggung umpatan dari masyarakat. Waktu itu juga anak saya nggak mau sekolah, malu dia, dibilang sama temen-temennya bapaknya narkoba, bapaknya narkoba,” papar Doyok.

3. Gogon

Gogon
Gogon

Pelawak yang punya rambut ini juga pernah tersandung kasus narkoba. Gogon ditangkap polisi lantaran ia menggunakan narkotika pada tahun 2007. Akhirnya, Gogon ditahan Polsek Neglasari Tangerang selama 4 tahun beserta denda Rp 150 juta

“Saya berterima kasih kepada bapak polisi dan aparat berwenang lainnya yang telah berhasil menangkap saya. Ini adalah musibah untuk saya. Saya berharap ini semua ada hikmahnya,” ungkap Gogon

4. Bopak

Bopak
Bopak

Berbeda dengan ketiga rekannya, Bopak memang pernah terlibat dengan narkoba meski ia tak sampai diamankan polisi. Bopak mengaku, ia hampir mati gara-gara over dosis (OD) akibat mengkonsumsi narkoba. Setelah kejadian itu, Bopak memutuskan untuk meninggalkan narkoba.

“Saya nyabu pas awal-awal masuk dunia entertainment. Di situ gampang dapat begituan (narkoba). Tahu sendirilah. Semuanya dulu saya cobain. Tobatnya pas OD. Saya OD sudah 4 kali gara gara sabu,” tandas Bopak

5. Tessy

Tessy
Tessy

Saat ini, nama pelawak Tessy menjadi pemberitaan di sejumlah media. Pasalnya, Tessy ditangkap oleh Direktorat Narkotika Polri di rumahnya yang berada di Kampung Rawa Bugel, Bekasi Utara pada Kamis (23/10/2014). Penangkapan Tessy dilakukan lantaran ia mengkonsumsi narkotik jenis sabu seberat 1.6 gram. Hingga kini, polisi masih menyelidiki kasus Tessy. (nha)