5 Kuliner Sri Lanka yang Patut Dicicipi


Sri Lanka sering dijuluki sebagai Mutiara dari Samudera Hindia. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Sri Lanka, tanpa mencicipi kuliner khas negara pulau tersebut. Dilansir dari Merdeka, Kamis (30/10/2014), berikut adalah 5 kuliner dari Sri Lanka yang wajib Anda cicipi.

1. Ambul Thiyal

Ambul Thiyal
Ambul Thiyal

Ambul thiyal merupakan salah satu jenis kari ikan yang paling disukai di Sri Lanka. Ikan yang sering digunakan dalam masakan ini adalah ikan tuna. Daging ikan dipotong dadu, kemudian tumis dalam campuran rempah-rempah termasuk lada hitam, kayu manis, kunyit, bawang putih, daun pandan dan daun kari. Ambul thiyal sendiri merupakan hidangan kari kering, yang berarti semua bahan tersebut direbus dengan sedikit air dan dimasak sampai agak kering.

2. Kottu

Kottu
Kottu

Kottu adalah hamburger khas Sri Lanka. Makanan ini menyerupai nasi goreng, namun tidak dibuat dari beras, melainkan dari roti yang dikenal sebagai roti godamba. Ketika Anda memesan camilan ini, penjual kottu biasanya akan menggoreng dan memotong roti dengan pilihan bahan yang Anda pilih. Kottu disajikan dengan saus kari pedas, yang dapat Anda tambahkan sebagai saus atau tuangkan ke seluruh piring Anda.

3. Kukul Mas

Kukul Mas
Kukul Mas

Kukul Mas adalah hidangan kari ayam yang biasa dimasak di rumah di Sri Lanka. Ada banyak variasi kari ayam di Sri Lanka, tergantung pada daerah dan selera pembuatnya. Rempah-rempah seperti biji adas, kapulaga, cengkeh dan kayu manis dimasak terlebih dulu, sebelum dikombinasikan dengan ayam dan rempah-rempah seperti cabai bubuk, bubuk kari, kunyit, daun pandan, serai dan daun kari. Air kelapa ditambahkan untuk membuat rasa saus kari semakin kaya. Ayam direbus selama satu jam atau lebih sampai rempah-rempah meresap ke dalam daging ayam.

4. Parippu

Parippu
Parippu

Parippu, atau kari dhal, adalah hidangan kari yang bisa ditemui di restoran atau rumah di Sri Lanka. Masoor dhal (lentil merah) dibilas dan direbus hingga lunak. Dalam panci terpisah, sejumlah bahan-bahan segar, seperti bawang, tomat dan cabai hijau segar, tumis dan dicampur dengan rempah-rempah seperti biji jintan, kunyit, kelabet, biji mustard dan daun kari. Semua bahan dimasak dan diberi air kelapa segar untuk membuat rasa dhal semakin kaya dan teksturnya menjadi lembut.

5. Lamprais

Lamprais
Lamprais

Lamprais adalah kombinasi dari saus daging, beras dan cabai sambol, dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dikukus. Nasi ditanak dengan daging – biasanya dengan kombinasi daging yang berbeda seperti daging sapi, babi atau domba – yang dicampur dengan kapulaga, cengkeh dan kayu manis. Nasi kemudian ditaruh di tengah daun pisang, bersama dengan campuran daging kari, dua frikkadels (perkedel Belanda), blachan (pasta udang) dan pati atau sayur. Hidangan ini kemudian dibungkus dan dikukus. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak