Siapa yang tak tahu dengan tokoh mitologi Nyi Roro Kidul ratu penguasa Laut Selatan yang konon berparas ayu ini? Keberadaannya sering dikait-kaitkan dengan penyebab meninggalnya banyak wisatawan yang terseret ombak ketika sedang mandi di pantai Selatan Jawa. Meski keberadaannya belum dapat dibuktikan secara ilmiah namun sebagian besar masyarakat Jawa yakin jika sosok Nyi Roro Kidul ini benar-benar nyata.

Konon, ada tempat-tempat yang menjadi penghubung antara kerajaan Kanjeng Ratu dengan alam nyata. Sebagian besar lokasi yang menjadi gerbang Kerajaan Ratu Laut Kidul ini berupa pantai. Berikut adalah 4 pantainya seperti dilansir dari Kaskus, Jumat (31/10/2014).

1. Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis

Parangtritis yang berada di daerah Yogya ini adalah salah satu pantai selatan yang diyakini menjadi Gerbang menuju kerajaan Ratu Pantai Selatan. Sehingga tidak heran jika tempat ini menjadi salah satu lokasi persembahan sesajian pada malam satu suro. Disamping sisi mistisnya, Parangtritis menyimpan keindahan alam yang tak ternilai.

2. Pantai Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta

Pantai Parangkusumo
Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo yang berada di sebelah barat Pantai Parangtritis ini menjadi salah satu pantai yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar. Dalam tradisi Jawa, pantai yang terkenal dengan sand boardingnya ini dianggap sebagai gerbang utama atau jalan tol menuju Keraton Gaib Laut Selatan, sebuah kerajaan Nyi Roro Kidul yang menguasai Laut Selatan (Samudera Hindia).

3. Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat

Pantai Pelabuhan Ratu
Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai yang terdapat hotel Inna Samudra ini juga terkenal dengan mitos Nyi Roro Kidulnya. Bahkan di hotel tersebut terdapat kamar khusus unutk sang Ratu. Di pantai ini pula disebut-sebut sebagai gerbang Kerajaan Laut Selatan pimpinan Nyi Roro Kidul. Sekilas pantai ini tidak tampak menyeramkan, layaknya sebuah pantai.

4. Pantai Sembukan, Wonogiri, Jawa Tengah

Pantai Sembukan
Pantai Sembukan

Pantai Sembukan juga dianggap sebagai jembatan penghubung antara alam manusia dengan alam Nyi Roro Kidul. Tepatnya sebagai pintu ke-13 untuk Ratu Laut Selatan menghadiri pertemuan dengan raja-raja Kasunanan Surakarta. Pantai ini sebenarnya bukan pantai yang memiliki area pesisir yang panjang, garis pantainya sempit dengan dikelilingi bukit-bukit terjal nan cantik. (tom)