Percobaan sosial dilakukan seorang aktris pendatang baru di New York untuk membuat publik menyadari bahwa pelecehan kerap diterima para wanita saat berjalan kaki, terlepas dari busana apapun yang mereka kenakan. Dari percobaan yang dilakukannya terbukti dia 108 kali mengalami pelecehan mulai dari hanya digoda sekadarnya hingga yang mengganggu.

Wanita yang berprofesi sebagai aktris pendatang baru itu bernama Shoshana Roberts. Shosana melakukan percobaan sosial tersebut bekerjasama dengan Hollaback!, sebuah organisasi yang menggalakkan kampanye stop pelecehan di jalanan.

Seperti dikutip dari CNN, Sabtu (1/11/2014), ide untuk melakukan percobaan sosial ini berawal ketika Shoshana merasakan sendiri bagaimana dia kerap digoda para pria saat berjalan kaki di kawasan New York. Dia berjalan kaki dengan busana kasual yaitu jeans dan T-shirt. Kekasih Shoshana, Rob Bliss kemudian menghubungi pihak Hollaback! untuk membuat video mengenai apa yang dialami wanita berambut ikal itu.

Syuting pun dilakukan pada satu hari di bulan Agustus. Rob berjalan di depan Shoshana dengan kamera tersembunyi berada di punggungnya. Sementara Shoshana membawa dua microphone di tangannya.

“Aku dilecehkan ketika aku tersenyum dan aku dilecehkan ketika tidak tersenyum. Tidak satu hari pun aku lewati tanpa mengalami ini,” kata wanita pemegang sabuk hitam taekwondo itu.

Dalam rekaman video berdurasi kurang dari dua menit itu terlihat apa saja hal-hal yang diucapkan para pria saat melihat Shoshana. Ada pria yang mulai menggoda dengan menyapa ‘selamat pagi’, ada juga yang langsung memanggilnya dengan sebutan ‘cantik’ dan ‘baby’.

“Kamu tidak mau bicara padaku? Apa karena aku jelek?,” tanya seorang pria yang terlihat di video sedang mengikuti Shosana dari belakang. “Kalau aku berikan nomer teleponku, maukah kamu bicara padaku,” lanjut si pria yang terus mengikuti wanita lulusan Universitas Kutztown, Pennsylvania itu?.

Dalam catatan Hollaback!, 70-99% wanita pernah digoda atau dilecehkan dalam satu waktu kehidupannya ketika mereka berada di jalanan. Pelecehan ini biasanya juga bukan hanya diterima wanita, tapi juga mereka yang warna kulitnya berbeda, homoseksual atau lesbian dan anak muda.

Anda bisa lihat videonya di atas. (tom)

loading...
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Apa Komentarmu?