Apakah Anda pernah berkunjung dan melihat gunung yang memiliki lubang di tengahnya? Gunung biasanya memiliki lubang di bagian puncaknya karena hasil dari ledakan merapi. Tetapi, gunung yang terdapat di Norwegia ini ajaib karena memiliki lubang di tengahnya.

Gunung tersebut adalah Gunung Torghatten. Gunung yang hanya memiliki ketinggian 258 mdpl ini tepatnya berlokasi di Bronnoysund, Nordland county, Norwegia. Lubang yang ada di tengah gunung tersebut nampak seperti terowongan raksasa dengan panjangnya yang mencapai 160 meter.

Dikutip dari situs Visit Norway (Sabtu, 1/11/2014), lubang tersebut menembus dua sisi gunung yakni depan dan belakang. Dari jauh, lubang ini terlihat sangat kecil dan tak mungkin untuk dimasuki. Tetapi, setalah Anda mendekatinya, lubang yang memiliki lebar 20 meter dan tinggi 35 meter ini begitu besar. Di dalamnya terdapat banyak bebatuan, sehingga Anda harus selalu berhati-hati ketika ingin menjelajahi lubang tersebut.

Dari dalam lubang, Anda bisa menikmati pemandangan alam dari sudut pandang yang berbeda. Anda bisa melihat keindahan laut sekitar yang di atasnya terdapat banyak gugusan pulau. Sungguh cantik!

Selain bisa melihat pemandangan indah dari dalam lubang, Anda juga bisa berfoto ria dan mengabadikan momen Anda dengan keunikan Gunung Torghatten. Pengunjung juga biasanya berkemah di sekitar gunung. Suasananya masih alami dan segar, cocok untuk berkemping dan menyalakan aoi unggun.

Untuk Anda yang tertarik dengan keunikan Torghatten bisa datang dari ibu kota negara Norwegia, dengan maskapai yang terbang tiga kali sehari Kota Bronnoysound dengan lama perjalanan sekitar 3 jam.Lalu menempuh jalan darat melintasi jalan tol dengan tujuan rute FV54 dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Di sekitar gunung, tersedia lahan parkir mobil yang ada di Togrhatten Camping area. Trekking selama 20 menit untuk bisa mencapai lubang unik di Gunung Torghatten, dan Anda pun bisa memanfaatkan waktu Anda berlama-lama di sana.(dea)