Kacang biasanya dijadikan sebagai makanan camilan sehari-hari atau bisa juga sebagai selai pendamping roti. Kacang juga bisa dijadikan bahan utama dalam berbagai masakan, seperti tempe, tahu, dan lain sebagainya. Kacang banyak jenisnya, Indonesia sendiri tidak sulit menemukan makanan yang satu ini.

Tapi tahukah Anda, kacang memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan. Seperti yang dilansir ABC (Minggu, 2/11/2014), berikut ini lima manfaat makan kacang untuk kesehatan.

1. Menurunkan Kolesterol

Kacang adalah makanan yang padat energi dan memiliki jumlah kalori dan lemak yang tinggi. Memakan selai kacang dan kacang tanah sehari-hari mampu menurunkan kolesterol yang ada dalam tubuh.

2. Meingkatkan Daya Otak

Dalam beberapa penelitian, kacang tanah merupakan makanan bagi otak. Kandungan vitamin B3 yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan fungsi otak agar lebih bekerja dengan maksimal.

3. Membuat Tubuh Lebih Ramping

Bagi wanita yang ingin memiliki tubuh yang langsing dan ideal Makanlah kacang setiap hari karena dapat membentuk lemak baik baik dalam tubuh Anda. Anda tidak perlu khawatir tubuh jadi gemuk meskipun memakan banyak kalori yang ada pada kacang. Kacang dapat menurunkan berat badan dan memberikan nutrisi ke tubuh.

4. Mengontrol Gula Darah

Manfaat lainnya yang bisa di dapat dari kacang adalah mampu mengontrol gula tubuh Anda. Hasil dari penelitian mengatakan, mengonsumsi selai kacang pada pagi hari atau kacang untuk sarapan dapat membantu mengonrtol gula darah sepanjang hari. Bahkan jika Anda memakan karbohidrat dalam jumlah yang tinggi.

5. Sebagai Nutrisi Pelindung

Pada kacang terdapat komponen bioaktif yang unik. Ini berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dan telah terbukti mencegah datangnya penyakit. Sehingga Anda jadi lebih sehat dan tidak mudah terserang berbagai penyakit dalam kondisi apapun.(dea)