Inilah Penipu Terkaya di Dunia

Pria asal Tiongkok yang berpforesi sebagai penipu baru saja dicokok kepolisian Thailand. Dia sudah jadi incaran otoritas hukum beberapa negara, termasuk Malaysia. Bahkan, di negaranya sendiri, lelaki bernama Song Miqui ini juga diburu.

Setelah dilacak kembali, Miqui hampir dipastikan penipu paling kaya sedunia. Dilansir dari The Nation, Senin (3/11/2014), kekayaan bersihnya senilai 1 miliar Ringgit, atau setara dengan Rp 3,7 triliun.

Lelaki 37 tahun ini membuat resah banyak orang karena menjalankan bisnis sejenis multilevel marketing (MLM), yang diberi nama YSLM. Program investasinya, seperti lazimnya paket sejenis, menawarkan cara cepat kaya bagi setiap anggota yang menyetor modal.

Padahal jelas-jelas kegiatan pengumpulan dana ini tidak berbasis pemasaran barang piramida, melainkan murni aktivitas memutar uang (money game). Nyatanya, iming-iming bisa cepat kaya menyergap banyak orang di Malaysia dan Tiongkok, lokasi kebanyakan korban Miqui.

Dan seperti cerita yang biasa muncul, sekian bulan setelah pembayaran imbal hasil lancar, uang dari YSLM perlahan seret dan bikin panik para investor. Menurut Data Kepolisian Diraja Malaysia, sudah ada 80 ribu warga mereka yang tertipu skema YSLM, dengan kerugian total mencapai 302 juta Ringgit.

Di Tiongkok, aksi tipu-tipu Miqui malah lebih sadis lagi. Dia berhasil mengibuli 100 ribu lebih orang berkat pengakuan kalau dia merupakan pengusaha sukses yang segera masuk daftar terkaya di dunia. Di Tiongkok dirinya menggunakan nama Zhang Jian.

Miqui dan sobatnya, Wang Wenfang (29 tahun), bersama dua pria lain yang mengelola YLSM kabur ke Thailand sejak Juli 2014 lalu. Mereka kemudian ditangkap polisi Thailand di sebuah kondominium di daerah Pathumwan, dekat Pantai Phuket, Ibu Kota Bangkok.

“Polisi juga menyita uang tunai 5 juta baht dalam berbagai mata uang, sembilan surat hak milik tanah bernilai 200 juta baht, perhiasan emas bernilai 2,2 juta baht, tiga unit mobil dan kartu pengenal Thailand milik Lianbao,” terang seorang polisi.

Adapun, sebelum Miqui, penipu paling kaya di dunia adalah Bernard Madoff. Pengelola otoritas bursa saham NASDAQ di AS itu ternyata nyambi menawarkan paket investasi bodong. Dia sukses menipu ribuan orang kaya, dengan kerugian miliaran Dolar. Dua tahun lalu dia dihukum 150 tahun penjara. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

STORY: Kejar Pendidikan, Kakek Ini Kembali ke Bangku Kuliah

Pirates of the Caribbean 5 Bakal Dihiasi Aktor Muda