Semakin ketatnya persaingan yang terjadi sekarang ini membuat orang-orang seringkali merasakan kecemasan. Rasa cemas ini biasanya terjadi ketika seseorang merasa takut, stres, tertekan dan trauma. Tapi ternyata ada olahraga untuk meredakan kecemasan. Dilansir dari Segi Empat, Senin (3/11/2014), berikut adalah beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kecemasan.

1. Lari

Ketika Anda berlari, tubuh Anda akan mengeluarkan lebih banyak keringat dan Anda juga terlatih untuk memiliki nafas yang lebih panjang. Dengan begitu Anda akan semakin bersemangat dengan mood yang akan semakin baik. Lama kelamaan, Anda akan menjadi lebih segar, sehat dan juga lega.

2. Meditasi

Ketika sedang cemas, cobalah untuk mencari tempat yang tenang. Lakukan meditasi pada tempat tersebut. Dengan begini, Anda bisa mengembalikan fokus yang hilang karena rasa cemas. Lakukan ini di siang dan malam hari dalam jangka waktu seminggu.

3. Latihan Pernapasan

Seseorang yang cemas biasanya akan kekurangan oksigen dalam tubuhnya. Oleh karena itu Anda perlu untuk untuk melakukan latihan pernapasan atau bahkan latihan vokal. Latihan ini akan membuat napas Anda menjadi lebih teratur dan panjang. Anda hanya perlu menarik napas dalam-dalam dan menahannya selama beberapa detik. Setelah itu, hembuskan. Ulangi ini hingga tiga kali.

4. Regangkan Otot

Jika Anda tidak bisa melakukan yoga atau meditasi untuk meredakan kecemasan, Anda bisa melakukan peregangan. Anda cukup mencari tempat yang cukup luas seperti toilet dan melakukan peregangan otot. Lakukan ini sambil melakukan latihan pernapasan. Cara ini akan membanty Anda untuk mengurangi ketegangan dan membuat otot Anda rileks.

5. Lakukan Olahraga yang Menantang

Setelah Anda melakukan olahraga yang rutin dilakukan, latihan pernapasan serta peregangan, sudah saatnya Anda untuk mencari olahraga yang menantang. Cara ini akan membantu Anda untuk mengatasi kecemasan dan ketakutan yang Anda alami. Olahraga ini juga akan membantu Anda untuk menjadi lebih optimis, berani serta siap untuk berbagai tantangan. (tom)