Irwansyah Diperiksa KPK, Ada Apa?

Kemarin tepatnya 5 November 2014, aktor tampan Irwansyah terlihat mendatangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedatangan suami Zaskia Sungkar itu pun sontak mengejutkan publik. Lantas, apa maksud kunjungan Irwansyah ke KPK?

Ternyata, Irwansyah diperiksa KPK terkait kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) untuk tersangka Tubagus Chaeri Wardana (TCW) alias Wawan.

“Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka TCW,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Priharsa Nurgraha, seperti dilansir Tempo, Kamis (06/11)

Pasca diperiksa selama tujuh jam, akhirnya Irwansyah keluar dari gedung KPK. Namun, secara singkat Irwansyah hanya mengatakan bahwa ia diperiksa untuk menjelaskan mengenai film yang melibatkan Wawan.

“Alhamdulillah, saya sudah jelaskan sejelas-jelasnya kepada pihak KPK, soal film. Insya Allah setelah itu tidak yang dirugikan lagi atau tidak ada fitnah kepada saya atau pihak lain,” kata Irwansyah

Menurut Johan Budi selaku Juru Bicara KPK, Irwansyah memang diperiksa sebagai saksi dalam perkara TPPU, namun dirinya tidak langsung menjadi orang yang bisa dikenai sangkaan pencucian uang pasif berdasarkan pasal 5 UU No 8 Tahun 2010 tentang TPPU.

“Ada syaratnya apakah memenuhi unsur dalam pasal itu. Sepanjang belum memenuhi unsur dan ditemukan 2 alat bukti yang cukup, tentu KPK bisa menetapkan seseorang menerima alairan dana pasif,” pungkas Johan

“Hal ini bisa dilihat dari berbagai hal, apakah transaksi itu murni bisnis? Dalam klausal pasal harus ada unsur yang menyebut dia mengetahui, paling tidak menduga uang itu berasal dari tindak pidana.” lanjut Johan.

Lebih lanjut Johan menjelaskan, hingga saat ini kasus tersebut masih dalam tahap penyelidikan KPK. “Kasus ini belum selesai, masih dikembangkan, info masih didalami. Pengembangan terbuka, apakah bisa tersangka baru, kemungkinan terbuka sepanjang proses pengembangan penyidik menemukan dua alat bukti yang cukup,” tutup Johan.

(nha)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...